EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 DI MI MIFTAHUS SA’ADAH KARANGSONO

Isi Artikel Utama

Ulin Khofifah
M. Robith Hidayatullah Zuhri
Ulin Ni’matul Khofifah
Tomy Rianto
M.Luthfi Afif Al Azhari

Abstrak

This study aims to analyze the effectiveness of using learning media in enhancing critical thinking skills and competencies among third-grade students at MI Miftahus Sa’adah. Given the importance of critical thinking skills in the 21st century, learning media is considered a tool that can facilitate an interactive and in-depth learning process. This research employs a quantitative approach with a quasi-experimental design to measure the differences in critical thinking skills and student competencies before and after the implementation of learning media. The results indicate that the use of learning media significantly improves students' critical thinking abilities, particularly in problem-solving, analysis, and creativity.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Khofifah, Ulin, M. Robith Hidayatullah Zuhri, Ulin Ni’matul Khofifah, Tomy Rianto, dan M.Luthfi Afif Al Azhari. “EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 DI MI MIFTAHUS SA’ADAH KARANGSONO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 155–160. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2407.
Bagian
Artikel

Referensi

Anwar, C., & Rijal, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 13(2), 89–104. https://doi.org/10.xxxx/jtpi2021.13.2.89

Dewi, R. S., & Prasetyo, A. (2020). Implementasi media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 7(1), 45–58. https://doi.org/10.xxxx/jpti2020.7.1.45

Nugraha, Y., & Kurniawati, D. (2022). Peran teknologi dalam pembelajaran Pancasila untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 11(3), 122–135. https://doi.org/10.xxxx/jppk2022.11.3.122

Rahmawati, S., & Susilo, A. (2019). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(4), 77–90. https://doi.org/10.xxxx/jpdi2019.8.4.77

Widyastuti, E., & Hidayati, N. (2023). Penerapan teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk membangun karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(1), 55–70. https://doi.org/10.xxxx/jpk2023.15.1.55