STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIS AL-HIDAYAH LEUWOHUNG

Isi Artikel Utama

Muh. Amiruddin Salem
Kasim Hijrat
Jufri Jufri

Abstrak

Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan yang mendorong siswa untuk aktif berpikir, menganalisis, dan mengevaluasi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Mis Al-Hidayah Leuwohung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya kualitatif deskriptif. Teknik pengumpuan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: Kondensasi data (data condensation), Menyajikan data (data display), dan Menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri dan berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam IPS. Metode inkuiri mendorong siswa untuk bertanya, menganalisis data, dan membuat argumen berdasarkan bukti. Sementara itu, pembelajaran berbasis masalah membantu siswa menganalisis kasus, memahami penyebab, dan mencari solusi, yang juga meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri mereka. Secara keseluruhan, metode yang berfokus pada eksplorasi dan pemecahan masalah nyata terbukti efektif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amiruddin Salem, Muh., Kasim Hijrat, dan Jufri Jufri. “STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MIS AL-HIDAYAH LEUWOHUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 4 (November 30, 2024): 235–240. Diakses Desember 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2408.
Bagian
Artikel

Referensi

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254.

Fadhilah, N. R., & Safitri, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Ips Dalam Membangun Dan Membentuk Karakter Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 61–70.

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, JW (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches . Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40.

Jamaludin, G. M., Rosidah, A., & Nurbaiti, E. (2020). Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan penggunaan media lapbook. Jurnal Basicedu, 4(1), 131–140.

Jaya, I. K. M. A. (2021). Peran guru ips meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode pembelajaran inkuiri. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 2(1), 22–33.

Jihadi, M. R. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Inovasi Pendidikan Di Abad 21.

Karsiwan, K. (2023). Sejarah Lokal dalam Kurikulum dan Mata Pelajaran IPS: Eksplorasi Teoritik dan Studi Kasusnya.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585.

Munanto, W. (2024). Sosiofotografi Konsep, Desain, hingga Praktik. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru.

Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120.

Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.

Pusparatri, R. K. D. (2012). Strategi pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(2).

Putra, E. D., Ain, S. Q., Mulyani, E. A., & Anggriani, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis IPS Siswa melalui Pembelajaran Discovery Learning di SDN 111 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1704–1717.

Rodiyana, R. (2015). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).

Rustini, T., & Tjandra, F. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).

Saldana, J., Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Unite States of America: SAGE Publication.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1–9.

Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).

Wayudi, M., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82.