KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR DI SD NEGERI 2 JAGAPURA KIDUL KECAMATAN GEGESIK KABUPATEN CIREBON

Isi Artikel Utama

Mamluatun Ni’mah
Rasilah Rasilah

Abstrak

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Jagapura Kidul Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon yang meliputi tiga aspek yaitu ketuntasan hasil belajar matematika siswa, aktivitas siswa dalam pembelajaran serta respon siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian adalah kelas III sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Desain pada penelitian ini adalah satu kelompok Pretest-Posttest (The One Group Pretest-Posttest Design) yang hanya melibatkan satu kelas. Pengambilan data dilakukan dengan memperhatikan tiga instrumen yaitu tes hasil belajar, respon siswa, dan aktifitas siswa selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 64,86 dengan standar deviasi 14,219. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 79,14 dengan standar deviasi 11,725 dimana skor terendah adalah 60 dan skor tertinggi adalah 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 31 siswa atau 89% mencapai ketuntasan individu dan 4 siswa atau 11% tidak mencapai ketuntasan individu. Ini berarti ketuntasan secara klasikal tercapai dengan nilai gain ternormalisasi yaitu 0,4188 berada pada kategori sedang. (2) aktivitas siswa berada pada kategori baik. (3) angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran melalui model pembelajaran Snowball Throwing positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model model pembelajaran Snowball Throwing efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 3 SD Negeri 2 Jagapura Kidul Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ni’mah, Mamluatun, dan Rasilah Rasilah. “KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR DI SD NEGERI 2 JAGAPURA KIDUL KECAMATAN GEGESIK KABUPATEN CIREBON”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 1–15. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2412.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. ¬_____. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Haryati, Sri. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendikia.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husamah, dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Januardana, Arta. dkk. (2008). Pengaruh Metode Snowball Throwing. Yogyakarta: Insan Madani.

Komalasari, Kokom. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Reflika Aditama.

Lestari, Ayu Puji. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Murid Dalam Pembelajaran bahasa indonesia Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing di Kelas V SD Inpres Pagandongan I. Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.

Mayasari. (2016). Penggunaan Model Pebelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII-4 di SMP PGRI 1 Ciputat. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Mukrimah, Sifa Siti. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi.

Munawaroh, Mumun., & Alamuddin, Ali. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi. Jurnal matematika EduMa Vol.3 No.2:163-173.

Mustamin. (2009). Strategi Pembelajaran. Surabaya: PT Revka Petra Media.

Moonti, Agustin. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam Vol.1 No.1:159-168.

Nurrahmadani, Meidina. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Membaca Intensif Murid Kelas V SDN Center Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Unniversitas Muhammadiyah Makassar.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmawati, Afifatu. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini,9(1):16-17.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Dwy Afita., Sri Suneki., & Veryliana Purnamasari. (2019). Keefektifan Model Snowball Throwing Berbantuan Media Wayang Kertas Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3):301-310.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setianto, Jevri Nugroho., Rahmat Rais., & Khusnul Fajriyah. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Puzzle Terhadap 139 Hasil Belajar. Indonesian Journal Of Educational Research and Review,2(3):395-401.

Setiawati, Intan. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Pemecahan Masalah. Skripsi. Bandung: Program Sarjana UPI.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sofianingsih, Evy. (2018). Keefektifan Alat Peraga Block Dienes dan Dekak-Dekak Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Kelas II SD Gugus Kawi Semarang. Skripsi. Semarang: Program Sarjana UNNES.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiarti, Henry. (2017). Keefektifan Media Pop Up Candi Berbantuan Model Snowball Throwing Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Kembangarum 02 Mranggen, Jurnal Pendas Mahakam, 2(1):67-71.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta_____. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta._____. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta._____. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Surabaya:Prenadamedia Grup.

Sunistini D, Luh., Arini, Ni Wyn., & Marganayusa, I Gede. (2012). Penerapan Model Snowball Throwinf Berbantu Media Sederhana untuk Mdeningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SD 1 Petandakan. Jurnal matematika online: 1-10.

Suprijono, Agus. (2014). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group.