MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 1 DI MI MIFTAHUS SA'ADAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan karakter saat ini sangatlah penting karena banyak budaya asing telah masuk ke Indonesia, yang dapat merusak karakter generasi muda. Pendidikan karakter merupakan pondasi utama untuk menciptakan generasi bangsa yang bermoral dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun karakter religius siswa melalui pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang berarti peneliti mendeskripsikan kejadian yang ada di lingkungan. Hasil dari penelitian ini yaitu materi pendidikan karekter dalam mata pelajaran akidah akhlak di MI Miftahus Sa’adah melibatkan pengajaran, contoh teladan, dan refleksi. Materi ini terdiri dari beberapa aspek yaitu, aspek pendidikan dalam berakhlak, aspek dalam beribadah, dan aspek dalam keimanan. Strategi yang digunakan di MI Miftahus Sa’adah yaitu guru memberikan contoh kepada siswa tentang bagaimana berperilaku dengan akhlak yang baik, mengajarkan sikap sopan santun dan saling menghormati, guru bersikap jujur dan terbuka kepada siswa, serta memberi nasihat atau pesan moral dalam pembelajaran. Selain itu, guru di MI Miftahus Sa’adah selalu berusaha memberikan nilai moral kepada siswa, diawali dengan menerapkan kebiasaan disiplin, sikap sopan santun, bertutur kata yang baik, menghargai sesama, saling menghormati, dan bertanggung jawab atas tugas yang telah diberikan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ashifur Rozaq, Ubabuddin, S. S. (2022). STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN. 2(4), 554–570.
Dewi Ambarsari, A. D. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM. 10(1), 371–378.
Faud, M. K. (2021). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTS Darun Najah Pati. 4(1), 1–23.
Fauza, H., & Sipahutar, A. R. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies Volume 2, Nomor 3, Juli 2021 Journal Homepage: http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss. 2, 73–83.
Gazali, M. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.4026070
Ginanjar, H., & Kurniawati, N. (2020). Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 4(2), 133–140. https://waspada-online.com/2017/09/pelajar-smp-
Harnedi, J., & Rizha, F. (2021). Teologi Dan Media Sosial. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 194. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i2.432
Hasanah, F., & Makarim, C. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Kota Bogor. 5.
Khotimah, N., Mispani, M., Amrulloh, H., & Setiawan, D. (2023). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Di MA Terpadu Nurul Qodiri Lampung Tengah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.51214/bip.v3i1.545
Rifa, I., & Hayati, R. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai- nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara. 1(2), 86–96.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Sri Atin, M. (2022). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN. 20(3), 323–337.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 314.