PENGARUH MEDIA KOMIK EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 21 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Zulfa Amanatul Muslimah
Darwin Effendi
Etty Pratiwi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran komik edukatif terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 21 Palembang. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian eksperimen jenis penelitian True Experimental Design Posttest Only Control Design. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, kelas V.A berjumlah 25 siswa dan kelas V.B berjumlah 25 siswa tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes soal essay yang berjumlah 5 soal. Instrumen tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V.A yang menggunakan media komik edukatif dan keals V.B yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Validaitas instrumen di uji dengan rumus Pearson Product Moment dan untuk mengetahui reliabilitasnya di uji dengan metode Cronbac’h Alpha.  Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-test), yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Nilai rata- rata posttest kelas eksperimen sebesar 95,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 86,36. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,002. Karena nilai signifikan   0,002 0,05 dan diperoleh dengan nilai = 3.344 dimana dengan  = (n1 + n2) – 2 dimana n=50 (jumlah sampel), jadi  = 48. Sehingga dapat disimpulkan bahwa = 1.677 maka berdasarkan pengujian hipotesis ditolak dan  diterima.   Artinya terdapat perbedaan signifikan  hasil belajar siswa yang menggunakan media komik edukatif dengan  mereka yang


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amanatul Muslimah, Zulfa, Darwin Effendi, dan Etty Pratiwi. “PENGARUH MEDIA KOMIK EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 21 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 623–632. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2420.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustin, S., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Media Komik Digital Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa Dalam pembelajaran Teks Negoisasi Kurikulum Merdeka . Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra, 283.

Andriyani , F., & Kusmariyatni , N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa .Jurnal Pendidikan .

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019 ). Realitas Bahasa Terhadap Budaya Sebagai Penguatan Literasi Pendidikan . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 162.

Fadilah, Aisyah ; dkk. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi. Journal of Student Research, 11.

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuruan (Measurement), Penilaian (Assesment), Dan Evaluasi (Evalution) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development.

Hidayat, D. I. (2023). Analisis Media Komik Dalam Mengajarkan Anak- ANak Kelas 4-6 Sd Mengenai Manfaat Urban Farming. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Media Baru, 126.

Kemendikbud, P. W. (2023, 07 10). Retrieved from Kemendikbud: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/memahami-teks-fiksi-dan-nonfiksi.

Pratiwi , E., & Sari, D. K. (2021). Increasing The Student's Skill In Reading Narrative Text By Using Know-Want-Learned Strategy At The Eight Grade Students Of Junior High School 3 Palembang . Journal Of English Study Programe, 209.

Sari, N. C., Ahiruddin, & Djunaidi. (2022). Determinan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Ekonomi dan Bisnis, 150.

Sugiyono. (2021 ). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penlitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, cv.

Sujana , I. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia . Jurnal Pendidikan Dasar, 31.

Taseman. (2020). Pemanfaatan Media Visual Pada Pembelajaran IPS Di MI Darul Mutuaallimin Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 89.

Wulandari, A. P., Salsabila , A. A., Cahyani , K., Nurazizah , T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 3929.