STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KOLABORASI ANTAR PESERTA DIDIK DI MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 SDN SERANG 10

Isi Artikel Utama

Ananda Fatihah Auliya
Chanesa Hestiani Putri
Samkhi Samkhi
Winda Nabila
Kiki Maisyah Sari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode dan model pembelajaran dalam membangun kolaborasi peserta didik kelas 6 di SDN Serang 10, (2) Mendeskripsikan kolaborasi peserta didik kelas 6 SDN Serang 10 dalam kegiatan pembelajaran IPAS. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 6 SDN Serang 10 Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menumbuhkan keterampilan kolaborasi antar peserta didik, guru kelas 6 menerapkan metode pembelajaran saintifik dan model pembelajaran PBL/PJBL. Dengan menggunakan metode dan model pembelajaran tersebut terbukti dapat meningkatkan interaksi peserta didik selama proses pembelajaran sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan mendorong pembelajaran aktif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Auliya, Ananda Fatihah, Chanesa Hestiani Putri, Samkhi Samkhi, Winda Nabila, dan Kiki Maisyah Sari. “STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KOLABORASI ANTAR PESERTA DIDIK DI MATA PELAJARAN IPAS KELAS 6 SDN SERANG 10”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 183–188. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2428.
Bagian
Artikel

Referensi

Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).

Buhun, M. F., Nasution, A., & Muassomah, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kolaboratif dalam Maharah Kitabah di Ma Asy-Syifa Totikum. Shaut al Arabiyyah, 9(2), 245-254.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haqqi, dkk. (2017). Penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk memberikan penjelasan atau penggambaran terperinci tentang suatu fenomena tertentu. VOL. 1 TAHUN 2017/1439 H

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koroh, dkk. (2021). Kolaborasi Komponen Pendidikan Dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Vol, 5. No, 2. Tahun 2021

Liya Pransiska, Gunawan Santoso, Arif Aziz Firmansyah, & Arif Aprilia Kartini. (2023). Mengukuhkan Kebersamaan Sikap Bergotong Royong Dan Kolaborasi Di Kelas 3. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 102–126. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.636

Nurjanah, S. A. (2019). Analisis Kompetensi Abad-21 dalam Bidang Komunikasi Pendidikan. Gunahumas, 2(2), 387-402.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Rahmansyah, S. Z., Yunus, S. R., Mardiana, M., & Wahyuni, R. (2023). Penerapan Model Structured Inquiry (Inkuiri Terstruktur) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 71-77. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.879

Riak, S., & Hananto, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi, Kemampuan Regulasi Diri, dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Biologi Topik Pembelahan Sel pada Siswa SMA KELAS XII IPA. Academy of Education Journal, 14(2), 890–905. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1942

Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 1 Seteluk. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah , 1(2), 19-26. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117

Rubi Babullah, Siti Qomariyah, Neneng Neneng, Ujang Natadireja, & Siti Nurafifah. (2024). Kolaborasi Metode Diskusi Kelompok Dengan Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aqidah Akhlak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 65–84. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.132

Sukmawati, P. (2019). Keterampilan Berbicara" diskusi Kelompok". Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Syafruiddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. hal 63 – 73

Syavira, N., Sagita, J., & Trismawanti, I. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dengan Model Pembelajaran Literature Circle Pada Peserta Didik Kelas V SD (PTK Pada Pembelajaran Ips Keragaman Budaya). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2782 - 2791. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1004

Talib, A., Suaedi, S., & Ilyas, M. (2021). Pembelajaran matematika berbasis google suite for education untuk meningkatkan kecakapan kolaboratif siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 34-47.