PENGGUNAAN METODE BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN OTAK PADA PESERTA DIDIK DI YAYASAN OTAK KANAN KOTA PALU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode belajar berdasarkan kemampuan otak pada peserta didik di Yayasan Otak Kanan Kota Palu. Jenis penelitian kualitatif atau penelitian lapangan, terdiri atas lokasi penelitian, kehadiran peneliti, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik ananlisis data, dan pengecekan keabsahan data. Penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. sehingga peneliti mengumpulkan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Di setiap proses belajar yang menggunakan metode pembelajaran berdasarkan kemampuan otak itu selalu memperhatikan bagaimana otak bisa belajar dengan optimal. Jadi dalam pembelajaran ini, peserta didik diberikan tantangan untuk mengembangkan kemampuan berpikir dengan memperhatikan kondisi otak, karena otak manusia memerlukan istirahat untuk memproses dan mentransfer pengetahuan yang mereka terima. 2). Kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode belajar pada peserta didik terhadap kemampuan otak di Yayasan Otak Kanan Kota Palu adalah sebagian guru masih menganggap lebih sulit mengembangkan dan menentukan metode belajar yang tepat untuk diterapkan di dalam kelas, beberapa guru masih menggunakan metode belajar yang hanya mereka ketahui saja, sehingga proses pembelajaran terkadang membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Cet. 2 Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Dave Meier, The Acleraten Learning (hand book), Bandung: Kaifa, 2002.
Departeman Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Surya Cipta Aksara, 2008.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1993.
Djamarah Bahri Saiful Dan Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bineka Cipta, 1997.
Faisal Yusuf Abdul Manaf, “Pendekatan Rasional Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas XI SMA Negeri 2 Ranggen Demak”, Mahasiswa Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Walisongo Semarang, 2012.
Hamalik Oemar, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.
Ibrahim Sudjana Nana, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1984.
J.J Hasibuan, , Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Margono S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: CV. Rineka Cipta, 2000.
Milles B. Mattew, Huberman Michael A., Qualitatif Data Analisis. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi, Analisis Data Kualitatif, Cet.I; Jakarta: UI-Pres, 1992.
Moleong J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosad Karya, 2002.
Muhadjir Neong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rakesarin, 1998.
Muhaimin,https://lifestyle.kompas.com/read/2010/07/26/10291914/memahami.fungsi.otak.kanan.dan.kiri. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2020.
Nasution S., Metodologi Penelitian, Malang: Winaka Media, 2003.
Nazir Mohammad, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Prawiradilaga Salma Dewi, Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Rianto Yatim, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC Surabaya, 1996.
Rosyadi Khoiron, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet: Ke-5, Jakarta: Kencana, 2008.
Slameto, Belajar Mengajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Sodikin, “Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Kemampuan Otak Dalam meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di MTS Al-Yasini Pasuruan”, Mahasiswa Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim 2014.
Suardi Edi, Ilmu Pedagogik, Cet: Ke-2, Bandung: Angkasa, 2005.
Sudrajat Subana M., Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2001.
Sudarmin, https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/fakta-dari-kemampuan-otak/. Dikases Pada tanggal 16 Oktober 2020.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2008.
Syaiful Bahri, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Cet 3 Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Syamsu Yusuf, Perkembangan Peserta Didik, Cet 1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Tassoni D, Kaur G, Weisinger RS, Sinclair AJ. "The role of eicosanoids in the brain". Deakin University, School of Exercise & Nutrition Sciences. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2020.
Usman Basyirudin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Wahab Azis Abdul, Metode dan Model-Model Mengajar, Cet. II, Bandung: Alfabeta, 2009.
Wahyudin,https://www.kompasiana.com/inda_amalia/550035d7a33311a96f510515/teori-otak-dan-implikasinya-dalam-pembelajaran. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2020.