PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh outdoor study terhadap terhdap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 03 Tanjung Batu. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekseperimen dengan pengaruh outdoor study terhadap terhdap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 03 Tanjung Batu. Hasil penelitian kelas eksperimen yang menggunakan outdoor study menunjukan adanya peningkatan dari motivasi belajar dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau, Hal ini terbukti dari nilai kelas eksperimen dan kolas kontrol, yang mana kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 90,43 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 79,13. Hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan outdoor study pada siswa kelas V.A di SD Negeri 03 Tanjung Batu diperoleh nillai sebesar 73.00. Hasil rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan ice breaking berbasis tepuk tangan diperoleh nilai sebesar 53.50. Berdasarkan kaidah pengujian hipotesis uji-t. Diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05 maka Ho ditolak Ha di terima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Hasil thitung=5.584 dan ttabel = 1.729. berarti thitung> ttabel sehingga Ho ditolak Ha di terima dengan demikian outdoor study berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V.A mata pelajaran IPA SD Negeri 03 Tanjung Batu.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andriani, Rasto. (2019, Januari). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4, 80-86. doi:https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Farezi, Taufiq, Akhwani, Nafia'ah. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 408- 409.
Nurdiyanti. (2019). Implementasi Media Visual Dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Elektronik, 2.
Nuryadi, T. D. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Pahlevi, B. R. (2015). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional.
Pratama, Firman, Nerviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah DasaR. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 280-286. doi:https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/63/pdf
Puspita. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. Internasional Journal of Elementar Education.1.
Rizqi, Y. M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Jurnal Bimbingan Konseling, 6.
Sudaryono. (2019). Aplikasi Analisis Path Analysis Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 226
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunami, Aslam. (2021). pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. BASICEDU, 5, 1940-1945.
Widiastusi. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual dalam Membangun Mlotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 1117- 1184.
Windasari, Syofyan. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendidikan Dasar, 10.