PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DIKELAS III 88 SDN PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Tri Agustira

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media gambar untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas 3 di SDN 88 Palembang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar mampu menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar ketika materi disampaikan menggunakan gambar yang relevan. Selain itu, guru juga melaporkan peningkatan interaksi antara siswa dan pemahaman konsep-konsep PKN. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar secara signifikan dapat menumbuhkan minat belajar siswa, dan merekomendasikan guru untuk lebih sering menggunakan media visual dalam pembelajaran.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Agustira, Tri. “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DIKELAS III 88 SDN PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 142–148. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2500.
Bagian
Artikel

Referensi

Jamilah, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Materi Kebinekahan Melalui Penggunaan Media Gambar dikelas III SD ISLAM TERPADU AL IBROHIMI MANYAR GRESIK. Jurnal PendidikanDasar Dan Sosial Humaniora.

Kabiba, A. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.

Khairani, W. (2019). Peran Orangtua Terhadap Penggunaan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Laksana, R. B. (2024). Pendidikan Seni rupa dan kerajinan tangan di Sekolah Dasar. Bantul Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Lubis. (2020). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kancana.

Mauliddia, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ritatoon untuk Menarik Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SDN 1 Kerumut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Payosi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri14 BermainI Ilir Kabupaten Kepahiang. repository.iainbengkulu.

Pribadi, B. A. (PT Balebat Dedikasi Prima). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima.

Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinnya (. jakarta: Rineka cipta.

Solihah. (2018). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat. of lenguale Education,

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif.dan R&D. Bandung Alpa Beta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan,. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukriadi, R. m. (2022). Upaya Guru Dalam Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Kajian Islam Dan Pendidikan, 85.

Sundari. (2019). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar Kampus CiBiru.