PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 98 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Zikri Yuliansyah

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berupa Quasi Experiment dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 98 Palembang dengan objek penelitian yaitu siswa kelas V.A sebagai kelas eskperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test untuk hasil belajar IPAS yang memperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar (0,001) ≤ α (0,05) dan nilai thitung sebesar 3,454 ≥ ttabel 2,003. Berdasarkan kriteria keputusan, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terbukti bahwa penerapan model model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada pembelajaran IPAS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yuliansyah, Zikri. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 98 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 121–130. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2506.
Bagian
Artikel

Referensi

Fahrozi, Marwan. 2018. Pelnelrapan Meltodel Think Pair Sharel (TPS) dalam melningkatkan Hasil Bellajar IPA Kellas VI di MI Al-Khairiylah Kaliylawi Bandar Lampung. Jurnal Pelndidikan Dasar Islam.

Ibrahim, Rustam. 2013. Pelndidikan Multikural: Pelngelrtian, Prinsip dan Rellelvansinyla delngan Tujuan Pelndidikan Islam. 7(1). 136.

Mulylatiningsih, EL. (2013). Meltodel Pelnellitian Telrapan Bidang Pelndidikan: Bandung:Alfabelta.

Ngalimun, dkk. 2015. Stratelgi dan Modell Pelmbellajaran. YLogylakarta: Aswaja Prelssindo.

Rusman. 2012. Modell-modell Pelmbellajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Pelrsada.

Susanto, A. (2014) Telori Bellajar dan Pelmbellajaran Di Selkolah dasar. Jakarta: Kelncana. 125.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pelngaruh Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Dipadu Numbelreld Helads Togelthelr telrhadap Keltelrampilan Meltakognitif dan Kelmampuan Belrpikir Kritis Gelografi Siswa SMA. Jurnal Pelndidikan: Telori, pelnellitian, Dan Pelngelmbangan, 2(3), 440-447.

Surylaman, M. (2020). Pelngelmbangan Kurikulum Melrdelka Program Dtudi Bahasa Indonelsia. Selminar daring nasional. 13.

Suhellaylanti, dkk. (2023). Pelmbellajaran Ilmu Pelngeltahuan Alam dan Sosial (IPAS). Langsa: YLaylasan Kita Melnulis.

Shoimin, A.2020. Modell Pelmbellajaran Inovatif Dalam Kurikulum. YLogylakarta: Ar-Ruuz Meldia.

Sirelgar, dkk.2015.Telori Bellajar dan Pelmbellajaran.Bogor: Ghalia Indonelsia

Sugiylono. 2016. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan. Bandung: Alfabelta.

Sugiylono. (2021). Meltodel Pelnellitian Pelndidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Pelnellitian Pelndidikan). Bandung: Alfabelta.

Suraylyla, L, dkk. 2014. Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Think Pair Sharel telrhadap Hasil Bellajar IPA ditinjau dari Keltelrampilan Belrpikir Kritis Siswa. EL-jurnal Program Pascasarjana. (4). 3.