ANALISIS BIBLIOMETRIK PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM RENTANG 2020-2024 DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kurikulum Merdeka di Indonesia memperkenalkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai respons terhadap krisis pembelajaran akibat pandemi COVID-19. P5 dirancang untuk menawarkan pengalaman pendidikan yang lebih relevan dan kontemporer kepada para siswa melalui keterlibatan mereka dalam proyek-proyek yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Studi ini bertujuan untuk membuat tinjauan komprehensif tentang implementasi, penelitian, dan pengembangan P5 dalam pendidikan dasar dari tahun 2020 hingga 2024 dengan memetakan artikel-artikel yang relevan dengan proyek tersebut. Dengan memanfaatkan teknik analisis bibliometrik, data dikumpulkan dari artikel-artikel yang diindeks oleh Sinta, dengan pengumpulan data dilakukan melalui basis data Google Scholar dan Publish or Perish, khususnya menargetkan publikasi dari tahun 2020 hingga 2024. Analisis yang dilakukan menemukan 300 artikel terkait P5, dengan peningkatan signifikan pada tahun 2022 dan 2023. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan P5 di berbagai sekolah dasar menyebabkan peningkatan kreativitas, kewirausahaan, dan berpartisipasi aktif peserta didik. Implementasi P5 terbukti efektif dalam membentuk karakter dan mengembangkan keterampilan peserta didik di Sekolah Dasar. Meskipun terdapat tantangan, P5 memberikan kontribusi positif dalam pendidikan karakter berbasis Pancasila. Penelitian ini merekomendasikan pengumpulan data lebih lanjut dan pengembangan indikator evaluasi yang lebih beragam untuk meningkatkan pemahaman mengenai dampak P5.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Almaidah, H. P., & Kurniawan, M. I. (2024). Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. 5(3).
Aulia, D., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122–133. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25923
Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Fatmawati, M., & Minsih, M. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membangun Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 203. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1.127657
Hariyati, fatimah & titik. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(2), 1–23.
Herawati. (2022). Analisis Bibliometrik: Perkembangan Penelitian Dan Publikasi Mengenai Koordinasi Program Menggunakan Vosviewer. Jurnal Pustaka Budaya, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/pb.v9i1.8599
Kristin, F. (2024). Pendampingan Kegiatan P5 Tema “Kearifan Lokal” Bagi Siswa Kelas 5 Sd. JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 520–522. https://doi.org/10.62085/jms.v2i2.115
Mavela, M., & Satria, A. P. (2023). Nilai Karakter Kreatif Peserta Didik Dalam P5 Pada Peserta Didik Kelas IV Tema Kewirausahaan SDN 2 Pandean. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 152–158. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.776
Mayasari, N., Ambarura, P., Suparman, T., Mutiara, I. I., & Niken Launingtia, I. G. A. (2024). Bibliometric Analysis of the Implementation of Character Education in the School Curriculum. West Science Interdisciplinary Studies, 2(05), 1010–1020. https://doi.org/10.58812/wsis.v2i05.909
Nurhakiki, S., & Fitriyeni, F. (2024). Perencanaan dan Pelaksanaan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Bhinneka Tunggal Ika di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 374–385. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.671
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahmani, R. A., Huda, C., Patonah, S., & Paryuni, P. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kewirausahaan. Js (Jurnal Sekolah), 7(3), 429. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45272
Ramdhani, R., & Kurniawati, H. (2023). Penerapan P5 dalam Membentuk Karakter Kewirausahaan Melalui Kegiatan Festival Food di SDIT Al Hikmah Depok. Jurnal Kajian Islam Modern, 9(02), 57–61. https://doi.org/10.56406/jkim.v9i02.293
Rendrapuri, R. V., Salsabilla, H. G., & Prihantini, P. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di SDN Wangiwisata Kabupaten Bandung. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2900–2909. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.653
Septiany, S., Darmayanti, M., & ... (2024). Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pemikiran Dan …, 12(2), 170–189.
Suriani, Lilis; Nisa, Khairun; Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464
Umam, M. I., & Merdeka, K. (2024). PELAJAR PANCASILA ( P5 ) PADA KURIKULUM MERDEKA STUDI KASUS DI SDN 05 PAGI. 7(3), 12528–12532.
Violita Clorasanas Tyaputri, R. D. U. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Tema Projek Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6365–6379. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11267/5116
Wirayuda, F. I., Rivanti, F., Asfia, F. N., Salsabila, N. D., & Meisya, Z. D. (2023). Implementasi P5 dalam Meningkatkan Jiwa Berwirausaha pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.210
Yuntawati, Y., & Suastra, I. W. (2023). Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah. Empiricism Journal, 4(2), 515–525. https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1651