EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas permainan ular tangga sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II MI PSM Bendo Barat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI PSM Bendo Barat yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi, 2) Angket Motivasi, 3) Wawancara, 4) Hasil refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Peningkatan hasil motivasi belajar siswa dapat dilihat setiap tahapnya. Pada tahap pra tindakan, menunjukkan bahwa hanya 33,33% siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase siswa dengan motivasi tinggi meningkat, yaitu menjadi 67,64%. Pada siklus II, menunjukkan bahwa persentase siswa dengan motivasi belajar tinggi meningkat lagi, yaitu menjadi 84,48%.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Affnyani. (2023). Analisis Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 61–76. https://doi.org/10.62490/latahzan.v15i1.381
Auliyawati, J., & Nugroho, O. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Materi IPA. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(2), 61–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v15i2.9117
Diana, Q., & Widyawati, S. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ular Tangga Numerasi Untuk di SD Negeri 11 Lubuk Jaya. 1(11), 1797–1801.
Kusuma Ardi, S. D., & Desstya, A. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22934
Novita, L., Sundari, F. S., & Rabani, K. R. (2020). Penerapan Media Game Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 126–137. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.12329
Nurlaeli, F., Fajar Pratama, F., Heris Mahendra, H., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Dalam Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 2 Cijulang (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 2 Cijulang). JDER Journal of Dehasen Education Review, 2024(5), 67–76.
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Sari, P. T. A., Antika, F., Putri, A., Nurrohmatin, I., Ngadimah, M., Reni, D. S., & Kamalia, E. R. (2023). Penguatan Literasi Moderasi Beragama Melalui Permainan Ular Tangga Peserta Didik Kelas 4 MI. Fourth Annual Conference on Community Engagement, 347–356. https://doi.org/10.15642/acce.v4i
Setyaningrum, I., Nuraini, A. I., Savitri, E. N., & Berdiferensiasi, P. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional IPA, 34–43.
Yunianti, E., Syamsiah, & Hasnaeni. (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga. ©JP-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya, 5(3), 457.