PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SDN SERANG 10

Isi Artikel Utama

Ahmad Rifqi Ishmatullah
Astri Oktaria Putri
Mike Herlinawati
Ramah Nur Intan
Sheren Virgia Savira
Patra Aghtiar Rakhman

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan upaya sistematis untuk menanamlkan nilai-nilai moral untuk membentuk individu yang bermoral, cerdas dan mamnndiri. Salah satunya dengan menggunakan metode Pendidikan karakter yang efektif adalah melalui kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik sekolah dasar, dengan focus pada SDN Serang 10. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pramuka efektif dalam membangun nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan kemandirian peserta didik. Program-program seperti Latihan Baris-Berbaris (LKBB), tali-temali, pionering, serta kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa) memainkan peran penting dalam pengembangan karakter. Kolaborasi antara pembina, peserta didik, dan orang tua turut mendukung keberhasilan program ini. Kepramukaan juga mengintegrasikan nilai-nilai moral dari Tri Satya dan Dasa Dharma, yang membentuk peserta didik menjadi individu yang berwatak, berkepribadian Indonesia, dan berakhlak mulia. Dengan pendekatan kreatif dalam pelaksanaan kegiatan, Pramuka tidak hanya menarik minat peserta didik tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini menegaskan pentingnya kegiatan Pramuka sebagai sarana pendidikan karakter yang dapat diimplementasikan secara berkelanjutan di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ishmatullah, Ahmad Rifqi, Astri Oktaria Putri, Mike Herlinawati, Ramah Nur Intan, Sheren Virgia Savira, dan Patra Aghtiar Rakhman. “PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SDN SERANG 10”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 210–214. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2513.
Bagian
Artikel

Referensi

Aris, Zuliana. (2024). Analisis Program Perjusa Dalam Meningkatkan Mutu Pai Di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jurnal Pendidikan Islam. 5 (1). 124.

Cholifah, Devi, Rodiyah. (2023). Pelatihan Kepramukaan Untuk Meningkatkan Kedisplinan Dan Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di SDN 1 Permanu. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat. 2(4). 292.

Ihsan, Yanti. (2024). Urgensi Pendidikan Kepramukaan Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan (Disiplin) Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (2), 1.

Intan (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Kepramukaan. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 3 (1), 75.

Maharani, N. A., Ahadin, A., & Vitoria, L. (2024). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembinaan Profil Pelajar Pancasila Siswa SD Negeri 1 Mata IE. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(9), 800-809.

Nurjanah, I. J., Anshory, M. L. S., Oktaviani, N., & Mulyana, A. (2023). Analisis SWOT SD Yang Memiliki Ekstrakurikuler Pramuka Saja Dalam Rangka Pengembangan Potensi Anak SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3241-3255.

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.

Rikayana. Jafar. (2023). Minat Siswa Terhadap Kegiatan Ekstrakurikulrt Pramuka Di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. 7 (1). 22-23.

Sati, L., Setiawati, R., Putri, S. B., & Mulyana, A. (2023). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(4), 386-396.

Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 112-120.