ANALISIS POLA ASUH TERHADAP EMOTIONAL REGULATION ANAK REMAJA AWAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemampuan regulasi emosi siswa remaja awal penting dalam kehidupan sosial siswa dan dipengaruhi oleh pola asuh yang diterima. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan antara pola asuh dan kemampuan regulasi emosi siswa kelas 5 MIN 2 Lampung Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang diterapkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendalami pola asuh dan dampaknya pada pengelolaan emosi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh responsif, dengan komunikasi terbuka dan dukungan emosional, mendukung regulasi emosi yang baik, sedangkan pola asuh otoriter dan permisif cenderung menghambat perkembangan ini. Temuan ini menekankan pentingnya pola asuh yang seimbang antara kebebasan dan pengaturan dalam mendukung perkembangan regulasi emosi pada anak remaja awal.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Angely, C., Nugroho, K. P. A., & Agustina, V. (2021) ‘Gambaran Pola Asuh Anak Obesitas Usia 5–12 Tahun di SD Negeri 09 Rangkang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat’, Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(6), pp. 816–825. Avaible at: https://doi.org/10.25026/jsk.v3i6.679
Chandra, A., & Sairah. (2022) ‘Implementasi Tiger Parenting dan Regulasi Emosi Orang Tua terhadap Anak’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), pp. 4538–4546. Avaible at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2483
Chumairoh, A. Z., Iriyanto, T., & Astuti, W. (2024) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Hasil Belajar Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pembelajaran Daring di TK Al Fadholi Kota Malang’, Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(3), pp. 1123–1141. Avaible at: https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.1221
Emelia, S. R., Karmiyati, D., & Suryaningrum, C. (2022) ‘Harga Diri Sebagai Mediator Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Resiliensi Remaja’, Psychological Journal: Science and Practice, 1(2), pp. 43–49. Avaible at: https://doi.org/10.22219/pjsp.v1i2.18464
Erlandia, Alfi, R., Linda, Y., & Dodi, P. P. (2024) ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII SMP N 01 Rao Selatan’, Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), pp. 68–80. Avaible at: https://doi.org/10.61132/nakula.v2i2.554
Faizah, S. K. (2019) ‘Peran Keluarga Dan Budaya dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak’, NGABARI: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 12(1), pp. 1-10.
Farra, D. S. W., & Widyastuti. (2024) ‘Perbedaan Regulasi Emosi Ditinjau dari Jenis Kelamin, Rentang Usia, dan Urutan Kelahiran pada Remaja Muslim di Sidoarjo’, G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), pp. 437–450. Avaible at: https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.5253
Fitriani, T. S. (2016) ‘Pendekatan Berbasis Pola Asuh Orang Tua dalam Mengatasi Social Withdrawal Pada Anak’, Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2), pp. 154-171.
Gandha, M. G. (2024) ‘Implementasi Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu Buddha’, Journal of Education Research, 5(2), pp. 120-135.
Kusmawati, A., Sa’diyah, R., & Rahman, I. (2024) ‘Pembentukan Komunitas Parenting di Sekolah: Upaya Meningkatkan Regulasi Emosi Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Muhammadiyah 37, Tangerang Selatan’, LITERA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 49–57. Avaible at: https://doi.org/10.59734/lajpm.v1i1.11
Mimin, N., Burhendi, F. C. A., & Wulandari, W. (2021) ‘Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), pp. 47–54. Avaible at: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Naily, F. Y., & Yogi, W. P. (2022) ‘Pengaruh Keberfungsian Keluarga terhadap Regulasi Emosi pada Remaja Awal’, Mental (BRPKM), 2(1), pp. 15-32. Avaible at: http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM
Pajar, M. P. (2016) ‘Program Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja’. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), pp. 35–50. Avaible at: https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.1095
Puspitasari, I., Ega, A. M., & Ali, T. (2022) ‘Identifikasi Kemampuan Regulasi Emosi dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Yogyakarta’, Aulad : Journal on Early Childhood, 5(3), pp. 393–340.
Rahim, M. (2023) ‘Orang Tua dan Regulasi Emosi Anak Usia Dini’, Aulad : Journal on Early Childhood, 6(1), pp. 40–50.
Resvany, S., & Abdillah, R. (2024) ‘Pola Asuh dan Regulasi Emosi Siswa di SMA Negeri 1 Setu yang Kedua Orang Tuanya Bekerja’, Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(4), pp. 223–230. Avaible at: https://doi.org/10.5281/zenodo.11172849
Santa, A. D. A., & Christiana, H. S. (2024) ‘Pola Asuh Otoritatif dan Regulasi Emosi pada Remaja Awal’, G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), pp. 653–660. Avaible at: https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5572
Selyani, F. A., Lestari, D. R., & Rachmawati, K. (2022) ‘Hubungan Mekanisme Koping dengan Regulasi Emosi pada Remaja Putri yang Mengalami Dismenore’, CNJ: Cering Nuring Journal, 6(1), pp. 10–17.
Sugiyono. (2020). Penelitian Kualitatif, Kuantitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tria, F. D., Lestari, S. P., & Yustikarini, S. A. (2018) ‘Self-Esteem Remaja Awal: Temuan baseline dari Rencana Program Self-Instructional Training Kompetensi Diri’, Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi, 2(1), pp. 59-73
Widayani, S., & Astuti, K. (2020) ‘Pembentukan Karakter Melalui Pola Asus Demokratis untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja di Era Revolusi Industri 4.0’, PSYCHO IDEA, 18(1), pp. 74–81.