PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 LANGON DALAM MEMBANGUN GENERASI BERINTEGRITAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berintegritas, terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Pada usia ini, anak-anak sedang berada pada tahap perkembangan yang kritis, di mana nilai-nilai moral dan etika perlu ditanamkan sejak dini. Penelitian ini membahas strategi pemberdayaan pendidikan karakter di SDN 3 Langon melalui integrasi nilai-nilai moral dalam kurikulum, pembiasaan perilaku positif dalam kegiatan sehari-hari, pembelajaran berbasis pengalaman, dan peran guru sebagai teladan. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam penerapannya, seperti perbedaan latar belakang siswa dan keterbatasan waktu, juga dianalisis. Kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan pemerintah diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Pemberdayaan pendidikan karakter di SDN 3 Langon diharapkan dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki kepribadian yang kuat, tanggung jawab sosial, serta mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akhyar, M., Deliani, N., Batubara, J., & Gusli, R. A. “Studi Analisis Pendidikan Budaya Alam Minangkabau Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Dasar.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 4, no. 2 (2023): 193–206.
Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. “PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENGINTEGRASIAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 2X11 KAYUTANAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN.” Jurnal Al-Fatih 6, no. 2 (2023): 147–64.
Latifah, L., & Mariati, N. “MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH 8 BANJARMASIN.” Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi 2, no. 1 (2022): 18.
Lickona, T. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Nusamedia, 2019.
Rohim, A., & El-Yunusi, M. Y. M. “Implementasi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Di Sd Dumas Surabaya.” Lentera: Multidisciplinary Studies 2, no. 3 (2024): 325–33.
Sanjaya, M. D. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra Dan Relevansinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMA.” KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 5, no. 2 (2022): 475–96.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., Nurbayani, and F N., Sarbaitinil, S., & Haluti. PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA MILENIAL: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia., 2023.
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. “Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri.” Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2019): 67–73.