PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI MIS SERESAM INDRAGIRI HULU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kurang lebih 300 orang anak SD kelas I, II serta III yang waktu ini mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis. Karena orang tua tidak sadar akan perannya dalam mendampingi anaknya, mereka hanya tahu bahwa merekalah yang menyekolahkan dan mereka yang bertanggung jawab, serta tidak mempunyai tanggung jawab untuk menyemangati dan memotivasi anak mereka untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran orang tua memberi semangat belajar anak dan kendala yang dihadapi orang tua, sesuai dengan rumusan masalah:1) Apa peran orang tua dalam memotivasi belajar anak? 2) Kendala apa saja yang dihadapi orang tua dalam memotivasi belajar anak? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil Penelitian yang dilakukan untuk melihat bahwa terdapat tiga bentuk peran orang tua terhadap motivasi belajar anak di Madrasah Ibtidaiyah Seresam Indragiri Hulu. kendala dalam memotivasi belajar anak adalah kondisi orang tua yang berbeda-beda, ada orang tua yang dari segi ekonomi memadai sehingga bisa mempersiapkan yang terbaik untuk anak, baik itu dari pola makan, istirahat, pakaian, dan fasilitas lainnya yang mendukung anak untuk nyaman dan semangat belajar. Kesimpulan masih ada orang tua yang memotivasi anak untuk belajar dan terus belajar.
Kata Kunci: Peran orang tua, Motivasi, Belajar anak
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdul Fattah Nasution. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Patta Rapanna (ed.)). CV. syakir Media Press.
Bandura, A. (1997). *Self-Efficacy: The Exercise of Control*. New York: W.H. Freeman.
Benediktus Sridin Sulu Jahang. (2023). Ratusan siswa SD Kota Kupang kesulitan membaca dan menulis. Kupang.Antaranews.Com. https://kupang.antaranews.com/berita/101249/ratusan-siswa-sd-kota-kupang-kesulitan-membaca-dan-menulis
Djamarah Syaiful bahri (2002). Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta
Hasbi, M., Maryatun, I. B., Pratiwi, W. C., Murtiningsih, Rahayu, I., Saputra, N. I., & Rahmawati, D. (2021). Peran Orang Tua Dalam Program Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(2), 23–32. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i2.97
Ismet, S. (2021). Disdik Cianjur Sebut 32 Ribu Siswa SD Sulit Baca Gegara Belajar Daring. DetikNews. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5477857/disdik-cianjur-sebut-32-ribu-siswa-sd-sulit-baca-gegara-belajar-daring
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Yustika, M. (2022). Pemberian Motivasi Belajar pada Anak Melalui Peran Orang Tua. Jurnal Basicedu, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1869
kustiah sunarty. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak (Alimuddin Mahmud (ed.)). Edukasi mitra Grafika.
Kusumawardani, E. (2023). Urgensi Pelibatan Orangtua untuk Anak Remaja (B. A. Laksono (ed.); cet. perta). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19 (T. Penerbit (ed.); cet. perta). Penerbit 3M Media Karya Serang.
Maslow, Abraham H (1993), Motivasi dan Kepribadian, Teori Motivasi dengan Pedekatan Hirarki Kebutuhan Manusia, Pustaka Binaman, Pressindo
Mohammad Novie Rahman, Muhammad Hanif, M. E. N. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDA’IYAH DI DESA TORONGREJO KLEREK BATU. Jurnal Pendidikan Islam, 8(7).
Nasution, wahyudin nur. (2018). Penaruh Strategi pembelajaran dan Motivasi Belajar. In S. Asrul Daulay (Ed.), PERDANA PUBLISHING (cet. perta). PERDANA PUBLISHING.
Nengsih, M. S., & Dafit, F. (2022). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 476–482. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50551
Ryan, A.M., & Patrick, H. (2001). "The Classroom Social Environment and Changes in Adolescents' Motivation and Engagement During Middle School." *American Educational Research Journal*, 38(2), 437-460.
Santrock, J.W. (2011). *Educational Psychology*. New York: McGraw-Hill.
Slavin, R.E. (2006). *Educational Psychology: Theory and Practice*. Boston: Pearson.
Winkel, W.S. (2004). *Psikologi Pengajaran*. Jakarta: Grasindo.
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245. https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291