ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI MEKAR MUKTI 01

Isi Artikel Utama

Puput Nurfaeda
Ira Restu Kurnia

Abstrak

Penelitian dengan judul “Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri Mekar Mukti 01” penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran matematika serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriftif. Penelitian deskriptif ditunjukkan untuk memberi gambaran dan penjelasan secara alami ataupun hasil buatan manusia secara sengaja dengan memperhatikan berbagai aspek yang mengaitkan beberapa kegiatan seperti kualitas serta karakteristik dari kegiatan – kegiatan. Peneliti menggunakan enam orang siswa sebagai sampel dan satu guru kelas 5. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari observasi menunjukan beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu situasi kelas yang kondusif, bahan ajar variatif, serta sikap guru yang terbuka dan aktraktif. Hasil respon siswa terhadap angket minat belajar siswa pada pembelajaran matematika menunjukan kategori baik dengan persentase skor angket respon siswa rata – rata 72,3%. Hasil observasi dan wawancara diperkuat Kembali dengan adanya hasil dokumentasi yaitu nilai akhir mata pembelajaran matematika dari masing-masing informasi yang sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal atau KKM.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurfaeda, Puput, dan Ira Restu Kurnia. “ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI MEKAR MUKTI 01”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 388–395. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2564.
Bagian
Artikel

Referensi

Barokah, A., Yulistia, A., & Hidayat, S. (2022). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA SD. DIKODA: JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 3, 18–31. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v3i01.1061

Hafas Al-Ahdab Villa, M., Zaif Zairozie, A., Zainul Hasan Genggong, I., Probolinggo, K., & Jawa Timur, P. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Hafidz, D., Kartinah, K., Sukamto, S., & Mariyatun, S. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1639–1643. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13099

Heri Murtiningsih, D. (n.d.). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Analysis of Student Learning Interest About Mathematics Learning at Elementary School.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (n.d.). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Putri Pratiwi, A., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI SATUAN PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA SCRATCH. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898

Sidiq, U., & Choiri, M. Moh. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN (A. Mujahidin, Ed.; Edisi Pertama). CV. Nata Karya.

Syarifatus Sadiah, D., & Aldila Afriansyah, E. (2023). Miskonsepsi siswa ditinjau dari tingkat penyelesaian masalah pada materi operasi pecahan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(01), 31–44.

Winna Rahmayani. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Swasta Kelas Tinggi Pada Mata Pelajaran Matematika. Simpati, 1(3), 55–61. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i3.216