PENERAPAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Isi Artikel Utama

Nurhasanah Nurhasanah
Randi Sanputra Amyus
Abdul Rasyid Hamami
Muhammad Syaifuddin

Abstrak

Supervisi merupakan suatu proses yang sangat penting dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dengan tujuan untuk meningkankan profesional guru. Kepala sekolah diharapkan manpu untuk memberikan inovasi terhadap guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Artikel ini di buat bertujuan untuk melihat sejauhmana pengaruh supervisi pendidikan terhadap profesional guru. Agar tujuan tersebut tercapai, artikel ini melalui study kepustakaan atau library research dengan mengumpulkan data-data melalui buku-buku, website dan artikel yang relevan terkait pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan profesional guru. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan belum terlalu berpengarauh yang signifikan terhadap profesionalisme guru. Dalam pelaksanaan supervisi pendidikan, guru masih ada yang tidak menindak lanjuti hasil dari supervisi yang telah dilakuakn sehingga perilaku sebelum supervisi dan setelah supervisi masih sama belum menampakkan peningkatan dalam profesional guru. Upaya yang akan dilakukan adalah menyusun perencananaan supervisi dengan matang,memprioritaskan aspek yang penting dan memantau secara berkala setelah supervisi untuk mengetahui perkembangan profesionalisme guru.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurhasanah, Nurhasanah, Randi Sanputra Amyus, Abdul Rasyid Hamami, dan Muhammad Syaifuddin. “PENERAPAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 720–726. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2578.
Bagian
Artikel

Referensi

Almaajid, Rizqi, Nurjannah Siregar, Aidelia Novaliza, Ridwansyah Arifandi, Aisyah Oktafiana, Malika Ayumi, and others, ‘Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru’, Anwarul, 3.2 (2023), pp. 312–24, doi:10.58578/anwarul.v3i2.997

Ariandi, Rian, ‘Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tematik Ayat-Ayat Al-Qur’an)’, Skripsi, 2015

Asrulla, Asrulla, Risnita Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 26320-26332.

Asrulla, Asrulla, Tuti Indriyani, and Firdaus Jeka. "Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Era Society 5.0 ." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 161-178.

Asrulla, Asrulla. "Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (2022): 35-45.

Asrulla, Asrulla, Kasful Anwar, and M. Y. Mahmud. "Membangun Competitive Advantage Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pendidikan." Jurnal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1-10.

Jeka, Firdaus, and Tuti Indriyani. "Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 189-197.

Genis, Amelia, Pendekatan Pendidikan’, Power, IV.December 2008 (2009), p. 2008

Puspitasari ayu, muhsin, sumarni, herman, ismail, Suharman, aprilianti yuni, rohim muhammad, astiti ika, utari dwi, Sudadi, ‘Buku Ajar Supervisi Pendidikan’, ed. by ridani ahmad ramli akhmad (Bening, 2024)

Rifa’i, Moh., and Sidqiyah Amanah, ‘Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bima’, 5.1 (2019), pp. 22–30 <http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/14769>

Saerang, Hetwi Marselina, Jelly Maria Lembong, Shelty Deity Meity Sumual, and Roos Marie Stella Tuerah, ‘Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang’, El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.1 (2023), pp. 65–75, doi:10.19109/elidare.v9i1.16555

Sianturi loren Canni, PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU, ed. by Purba Natalina, cetakan pe (widina media utama, 2024)