KEMAMPUAN MENINGKATKAN BERKOLABORASI MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran Investigasi Kelompok (GI) dalam meningkatkan kolaborasi mahasiswa di perguruan tinggi. Melalui tinjauan pustaka yang komprehensif, penelitian ini menggali landasan teori dan penerapan praktis dari GI. Studi ini menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran kolaboratif dalam GI, termasuk komposisi kelompok, kepemimpinan, keterampilan komunikasi, kompleksitas tugas, dan dukungan dosen. Selanjutnya, jurnal ini membahas tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan GI dan mengusulkan solusi potensial untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan mengkaji literatur yang ada, studi ini berkontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang strategi pembelajaran kolaboratif yang efektif dan memberikan wawasan berharga bagi pendidik yang ingin menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Pada penelitian ini, peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa mahasiswa yang ikut dalam penerapan model pembelajaran group investigation, yang kemudian data ini diperlukan sebagai data primer, sedangkan data sekunder di dapat dari artikel, buku, dan jurnal yang diterbitkan oleh orang lain.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abidin, F. (2018). Pembelajaran Kooperatif Group Investigation untuk Meningkatkan Keaaktifan belajar PKN. Jurnal Elektronik PGSD.
Angraini, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Jonggat. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 219-223.
Artini, P. M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA . e-Journal Mitra Sains, 45-52.
Diantari, S. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Diantari, Sukadi, I.N. Suantika.
Dita Pramesti Irawan, W. J. (2024). Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada . Jurnal Inovasi Pendidikan, 24-37.
Kesuma, A. (2013). Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Esensi.
Nurwaidah, T. S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Reflection Jurnal, 70-76.
Ratih Shintia Devi, E. M. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Grup Investigation Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.
Asra, S. (2007). Metode pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Bastiar. (2020). Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah. IAIN Lhokseumawe, 5(024), 1–11.
Fitriyanto, W. F. & S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola ( Studi Kasus Siswa Kelas XI IPA SMA Unggulan BPPT Al-Fattah ) Wahyu Febry Fitriyanto *, Sudarso. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 07, 539–543.
Harahap, U. P. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Sekolah Menengah Pertama dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Kegiatan in House Training. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 788. https://doi.org/10.29210/021173jpgi0005
Indriani Rachman Saputri, Lia Nur Atiqoh Bela Dina, D. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smp Plus Fityaani Karangploso Kabupaten Malang. Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam, 7(9), 250–260. https://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/18226/13844
Kependidikan, J. K., Suzana, E., Pd, S., Sma Negeri, K., Lhoknga, A., & Besar, I. (2020). Facilities of Educator Career and Educational Scientific Information Meningkatkan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) pada Materi Sistem Koloid. 2(3), 97–98.
Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kelas IV SDN Jetak 01, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118–129. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/708/572