PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV B SDN KARANGANYAR GUNUNG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Karanganyar Gunung 02, khususnya di kelas IV B, dengan melibatkan 23 peserta didik. Penelitian ini mengkaji penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) melalui model PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memahami kondisi alami objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CRT melalui model PBL pada materi Ide Pokok dan Ide Pendukung berhasil meningkatkan motivasi belajar, semangat belajar, serta keterlibatan peserta didik. Pendekatan ini dinilai efektif dalam pembelajaran karena sesuai dengan karakteristik materi dan konteks budaya peserta didik. Observasi, wawancara, dokumentasi berupa video dan foto, serta laporan hasil pembelajaran mengungkapkan bahwa pendekatan CRT mampu diintegrasikan dengan model PBL. Hal ini membantu peserta didik untuk mengenal, memahami, dan mencintai budaya lokal mereka.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abi Hamid, Mustofa, dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Alfatizi, M. I. (2024, 19-23 November). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif di SD Muhammadiyah Demang. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Retrieved from https://shorturl.asia/Sbw6F
Andriyani, I., & Agustina, J. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Relevant Teaching (CRT) Dalam Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(9), 336–342. https://doi.org/10.5281/zenodo.13822040
Febdhizawati, E. H., Buchori, A., & Indiati, I. (2023). Desain E-Modul FlipbookBerbasis Culturally Responsive Teaching(CRT) pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2), 5233-5241, doi : https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6544
Fathurrohman, Muhammad. (2017). Belajar & Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca
Larasati, A., Sunarti, T., & Budiwati, D. (2023). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. 12(3), 83–91.
Mahmudah, Fitri Nur (2021), ANALISIS DATA PENELITIAN KUALITATIF MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBANTUAN SOFTWARE ATLAS. TI VERSI 8, Yogyakarta: UAD PRESS,
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 22 Tahun 2022 tentang Standar Mutu Buku, Standar Proses dan Kaidah Pemerolehan Naskah, serta Standar Proses dan Kaidah Penerbitan Buku. Diakses pada tanggal 17 Novemver 2024, melalui link : Permendikbudriset No. 22 Tahun 2022.
Rifa’i, Y. 2023. Analisis Metodologi penelitian Kualitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 1(1), 31-37, doi : https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155
Rohman, D., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). Optimalisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui PTK" Semarang.
Sari, F. F. K., & Murwaningsih, T. (2023). The New Paradigm of Merdeka Curriculum: Implementation of Pancasila Education Subject in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 7(1), 79–88. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.54092
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujiranto. (2018). Model Pembelajaran Guru Abad 21. Mujahid Press.
Susanti, M. et al. 2024. Studi Review Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Melalui Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Hasil Belajar . Jurnal Basicedu. 8, 6 (Dec. 2024), 4551–4560. DOI:https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.9081.