DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TATA BAHASA YANG BAIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan demikian, salah satu model pembelajaran yang berdampak terhadap motivasi belajar siswa ialah Model Pembelajaran Kontekstual. Model pembelajaran kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya menyajikan materi pembelajaran dalam konteks yang relevan dengan kehidupan nyata siswa. model pembelajaran kontekstual menekankan pentingnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran kontekstual juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian pada judul dampak model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa adalah untuk menyelidiki secara mendalam pengaruh penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian adalah siswa dan objek adalah model pembelajaran kontekstual. Instrument penilaian yang digunakan yakni reliable untuk mengukur motivasi belajar siswa seperti skala keterlibatan siswa, keaktifan siswa, respon peserta didik dan semangat belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner motivasi belajar, observasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif untuk mengetahui tanggapan dari siswa terhadap model pembelajaran kontekstual melalui wawancara dan survei. Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan dilapangan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran kontekstual menunjukan tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi. Model pembelajaran kontekstual memiliki beberapa pengaruh positif terhadap proses belajar mengajar. Pertama, model ini meningkatkan keterlibatan aktif siswa karena mereka belajar melalui pengalaman nyata dan situasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya mereka belajar menulis artikel, mewawancarai narasumber, dan mengedit tulisan, yang semuanya merupakan keterampilan penting dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung dalam menulis dan menyunting teks yang relevan dengan kehidupan nyata.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Nuri Novianti Afidah, Syihabuddin, Khoerotun Nisa Liswati, and Mochamad Whilky Rizkyanfi. 2022. “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(4):1526–36. doi: 10.31949/jcp.v8i4.2717.
Rufaida, Bilqis Syifa. 2023. “Pengaruh Gaya Bahasa Generasi Z dalam Berbahasa Indonesia di Era Globalisasi terhadap Keutuhan Bahasa Indonesia.” 3(3).
Tidahu, SMA Negri Lewa. 2019. “Artikel Hubungan Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa SMP Se-Kecamatan Kota Tambolaka Tahun Pelajaran 2016/2017.”
Yoni Yoni and Dede Kurnia. 2023. “PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA (Survei pada Siswa SMK Diponogoro Majenang Kelas XI BDP2).” Hatta: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi 1(1):66–73. doi: 10.62387/hatta.v1i1.12.