IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DITINJAU DARI PROFIL PELAJAR PANCASILA

Isi Artikel Utama

Danu Hadi Cahyono
Kartinah Kartinah
Nur Riskiyati

Abstrak

Pada era 4.0, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi individu serta penekanan pada pembelajaran yang berfokus pada siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan seperti Problem Based Learning (PBL). Model ini sejalan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila, seperti adanya kegiatan gotong royong dan bernalar kritis. Salah satu mata Pelajaran jenjang SD adalah Bahasa Indonesia. Meskipun Kurikulum Merdeka menitikberatkan pada materi inti, pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bagian dari identitas nasional tetap harus diperhatikan. SD Negeri Karanganyar Gunung 02 di Semarang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, namun penelitian mengenai penerapan Problem Based Learning (PBL) di sekolah ini masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih mendalam mengenai implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V ditinjau dari elemen gotong royong dan bernalar kritis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/ 2025 pada tanggal 4 November 2024 hingga 7 November 2024, dengan lokasi penelitian di SD Negeri Karanganyar Gunung 02. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) yang mengaplikasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif diterapkan melalui wawancara dan observasi, sedangkan metode kuantitatif dilaksanakan dengan pretest dan posttest. Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dalam pencapaian elemen gotong royong dan bernalar kritis. Hasil observasi menunjukkan peningkatan kolaborasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Data kuantitatif menunjukkan nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi (83,33) dibandingkan kelas kontrol (75,00), meskipun nilai NGain score menunjukkan kategori kurang efektif. Secara keseluruhan, Problem Based Learning (PBL meningkatkan pencapaian gotong royong dan berfikir kritis siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hadi Cahyono, Danu, Kartinah Kartinah, dan Nur Riskiyati. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DITINJAU DARI PROFIL PELAJAR PANCASILA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 451–462. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2600.
Bagian
Artikel

Referensi

Abriyanti, R., Syukur, M., & Iwerna, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX di UPT SMP Negeri 3 Binamu Kab. Jeneponto Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 403-413.

Agus, Jufri et al. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(5):6963–72. doi: 10.31004/edukatif.v4i5.3845

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69.

Farhrohman. (2017). 412-Article Text-1154-1-10- 20180219. 23–34

Firmansyah, A., & Jiwandono, N. R. (2022). Kecenderungan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Student Centre Learning dan Teacher Centre Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 33-39.

Halim, F., Purba, R., Kristina, Y., Tannuary, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Simalungun, U., & Indonesia, M. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(3), 282–289. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/ju b.v1i3.51

Hadiryanto, S., & Thaib, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah pada konsep respirasi. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 55-65.

Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education, 6(1), 518-525.

Hendrayadi, H., Kustati, M. ., & Sepriyanti, N. . (2023). MIXED METHOD RESEARCH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2402–2410. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21905

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin psikologi, 27(2), 187-203.

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.

Lahagu, S., & Astuti, A. (2023, November). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dan Sikap Bernalar Kritis Dalam Pak Dengan Model PBL Fase A Kelas Dua. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama (Vol. 4, No. 2, pp. 1483-1503).

Mulya, Y. C. P., & Fantiro, F. A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbasis Performa Profil Pelajar Pancasila Dalam Peningkatakan Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 1 Junrejo Kota Batu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4379-4392.

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura; Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.h tml

Rahayuningsih, S., Kartinah, & Nurhusain, M. (2023).Students’ Creative Thinking Stages in Inquiry-Based Learning: A Mixed-Methods Study of Elementary School Students in Indonesia. Acta Scientiae, 25(3), 238–272. https://doi.org/10.17648/acta.scientiae.7612

Rahmawati, D. T., Kartinah, K., & Prasetyowati, D. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 388–392. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/84

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kalitatif dan R&D. Bandung

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470-479.

Sukmawati, Rega. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01.” Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia 2(2):49–59. doi: 10.36418/glosains.v2i2.21.

Sumaryamti, S. (2023). INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM PANCASILA Sri Sumaryamti SMK Negeri 1 Surakarta Email : srisumaryamti@gmail.com * Correspondence : srisumaryamti@gmail.com Jurnal Indonesia Sosial Teknologi , Vol . 4 , No . 1 , Januari 2023. 4(1), 47–55.

Taufik. (2012). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning di Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA Universitas Jambi. Jurnal BIDIK, 1(1), 16-21.