PENTINGNYA LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR: MEMBEKALI SISWA UNTUK MASA DEPAN

Isi Artikel Utama

Arum Desta Widyawati
Cahya Karina

Abstrak

Peserta didik sekolah dasar sangat perlu dibekali berbagai pendidikan salah satunya pendidikan karakter dalam menghadapi perkembangan zaman. Literasi digital merupakan salah satu bentuk dari hasil perkembangan zaman yang terjadi. Perkembangan ini perlu diimbangi dengan penerapan pendidikan karakter sejak usia dini untuk mencegah krisis nilai karakter pada siswa, yang salah satunya dapat dilakukan melalui literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi manfaat literasi digital dalam membangun dan memperkuat pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, dan data diperoleh dari analisis serta kesimpulan yang diambil dari jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki peran penting dalam memperkuat pendidikan karakter siswa sekolah dasar di abad 21 sebagai media pendukung, mengingat minat siswa yang besar terhadap teknologi, internet, dan media sosial. Hal ini juga didukung oleh pembelajaran tematik yang diajarkan di sekolah dasar, yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap materi pelajaran. Kesimpulannya, pemanfaatan literasi digital dapat memperkuat nilai karakter siswa, asalkan diimbangi dengan pengawasan yang baik dari orang tua dan guru dalam penggunaannya

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widyawati, Arum Desta, dan Cahya Karina. “PENTINGNYA LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR: MEMBEKALI SISWA UNTUK MASA DEPAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 917–923. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2663.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, A. I. U., & Sadiah, S. (2024). Pendidikan Karakter Siswa SDN 2 Sukamanah dalam Perspektif Islam. SETYAKI: Jurnal Studi Keagamaan Islam, 2(3), 32-38.

Abidin, Y. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408-414.

Aksenta, A., Irmawati, I., Ridwan, A., Hayati, N., Sepriano, S., Herlinah, H., ... & Ginting, T. W. (2023). LITERASI DIGITAL: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Andini, N., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6733-6747.

Arif, H. M., Munirah, M. P., Haluty, R., Harahap, S., Umalihayati, S., KM, S., ... & Pd, M. (2024). Pendidikan Karakter Di Era Digital. CV Rey Media Grafika.

Arifin, S. F. A. (2023). Pembelajaran E-Learning Sebagai Pelaksanaan Merdeka Belajar Siswa Sekolah Dasar Abad 21. Ind

Astuti, V., Agustiani, C., Saputri, M., Pertiwi, A., & Alpian, Y. (2024). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI LITERASI DIGITAL DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN ABAD 21. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1).

Ayu, P. C. S., & Dirgantoro, K. P. S. (2023). Guru sebagai teladan dalam menumbuhkan sikap toleransi murid di kelas. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 7(1), 62-80.

Budiyanto, A. B. A. (2024). LITERASI DAN ETIKA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM ERA DIGITAL. Literasiana, 2(02).

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78-93.

Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580-597.

Firdausi, R., Suyuti, S., Mardikawati, B., Huda, N., Riztya, R., & Rahmani, S. F. (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DIKALANGAN PELAJAR: PENGENALAN DAN PRAKTEK PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM KOMUNIKASI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10815-10824.

Hajri, M. F. (2023). Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang pada Abad 21. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 33-41.

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361-2373.

Hidayat, N. (2024). Tantangan Dakwah NU di Era Digital dan Disrupsi Teknologi. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 45-54.

Kasma, C. P., Nasution, H., & Faza, A. M. D. (2023). Pengendalian Diri Menurut Filsafat Stoikisme (Analisis terhadap Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring). Tsaqofah, 3(5), 1002-1010.

Kiska, N. D., Haryanto, E., & Indryani, I. (2024). Improving Students' Collaboration Skills Using the RADEC Learning Model in Elementary School Science Learning. Jurnal Pijar Mipa, 19(2), 240-247.

Kiska, N. D., Zulkhi, M. D., & Lestari, R. E. (2023). Pengaruh permainan tradisional tejek-tejekan dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis di sekolah dasar. In National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET) (Vol. 3, No. 1, pp. 595-606).

Kurniawan, H., Hakim, L., Sanulita, H., Maiza, M., Arisanti, I., Rismawan, M., ... & Amalia, M. M. (2023). TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH: Cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lestari, S. P., Dewi, R. S., & Junita, A. R. (2024). Menumbuhkan kreativitas tanpa batas: strategi inovatif sekolah dalam mengembangkan karakter kreatif siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 358-364.

Machmud, A., Gani, F. A., & Kurniawan, N. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN LITERASI DIGITAL. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, pp. 153-167).

Nita, N. N., Nisa, S. Z., Fuadah, S. S., Pajririyah, F., & Karimah, S. A. (2024). Penguatan Karakter Anak Melalui Media Video Pembelajaran Di TK Annida Desa Rancabungur. PRAXIS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 52-57.

Putri, A., Cahyani, K., & Herlambang, Y. T. (2024). Peran Filsafat Teknologi dalam Meningkatkan Kualitas Teknologi Pendidikan di Era Disrupsi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 34-49.

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., ... & Mahdi, M. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ridho, Z., Ramadani, O., Ikhsan, M., A'izza, S. S., Amenda, A., Syukra, S. A. R., ... & Dielfo, Z. (2024). Implementasi Program PELITA: Sosialisasi dan Pencegahan Cyber Bullying melalui Literasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2549-2561.

Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., ... & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK dan SD) dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1-11.

Suryanto, I. W., Astuti, N. M. E. O., Prastyandhari, I. G. A. I. M., Pd, S., Sentosa, I. P. P., & SE, M. P. (2024). BUKU REFERENSI PERAN GANDA GURU: SEBAGAI PENDIDIK DAN ORANG TUA DI ERA DIGITAL. Uwais Inspirasi Indonesia.

Syahrial, S., Asria, A., Sabil, H., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kiska, N. D. (2022). Development of E-Module Based on the Traditional Puyuh Game on the Cooperation Character and the Tolerance of Elementary School Students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 478-486.

Syahrial, S., Asria, A., Sabil, H., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kiska, N. D. (2022). Development of E-Module Based on the Traditional Puyuh Game on the Cooperation Character and the Tolerance of Elementary School Students. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(3), 478-486.

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.