HUBUNGAN PROGRAM LITERASI SEKOLAH DENGAN MINAT BACA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Program literasi adalah kegiatan yang bersifat partisipatif melibatkan seluruh warga sekolah untuk meningkatkan kemampuan mngakses dan memahami melalui melihat, membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Tujuan dari program literasi untuk meningkatkan minat baca. Namun, tidak jarang masih ada siswa yang masih rendah minat untuk membaca sehingga memiliki prestasi belajar yang rendah. Adapun tinggi atau rendahnya prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal dari diri siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan program literasi sekolah dengan minat baca dan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Desa Pesanggerahan Kecamatan Batu. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner atau angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi berjumlah 148 orang, sampel 103 responden yang terdiri dari 114 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum dan 34 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum. Teknik analisis data dengan korelasi product moment menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan program literasi sekolah dengan minat baca dengan nilai signifikansi 0,026 < 0,5 dan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,216 dikategori lemah dikarenakan pelaksanaan program literasi sekolah disaat pandemi tidak berjalan secara maksimal yang menjadi indikator paling tinggi dari variabel program literasi sekolah adalah tahap pengembangan. Sementara itu untuk variabel minat baca yang menjadi indikator paling tinggi adalah dorongan dari guru. (2) Terdapat hubungan program literasi sekolah dengan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,908 dikatagori kuat sekali meskipun pelaksanaan program literasi dilakukan disaat pandemi. Keberhasilan pelaksanaan program literasi sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa tidak terlepas dari faktor internal dan kondisi psikologi siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmadi, R. (2017). Pengantar Pendidikan : Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Djamarah, S. B. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Fauziah, S. N., Faziah, S. N., Nupus, F. S., UlfI, N., & Sapitri. (2020). Evaluasi Minat Baca Siswa Melalui Program Literasi Sekolah. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 108–116.
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED, 5(1), 2175–2182.
Lawalata, A. K., & Sholeh, M. (2018). Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Jurnal Online UNESA, 7(3), 1–12.
Maulida, Z. (2017). Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di TPQ Darul Huda Karang Talun Kras Kediri). Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10–19. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Saputri, K., Fauzi, & Nurhaidah. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Anak Kelas 1 SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 98–104.
Satgas Gerakan Literasi Sekolah. (2018). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Soyomukti, N. (2017). Teori-teori Pendidikan : dari Tradisional (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranada Media Group.
Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., … Antoro, B. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (2 ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., … Antoro, B. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (1 ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yuzarion. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan, 2(1), 107–117.