KEGIATAN SEMARBOWO (SEDINTEN MATUR BOSO JOWO) SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN NILAI KARKATER DI SDN KARANGANOM 1 KARANGMOJO, KABUPATEN GUNUNG KIDUL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan SEMARBOWO (Sedinten Matur Boso Jowo) sebagai upaya pembentukan nilai karakter peserta didik di SD Negeri 1 Karanganom. Jenis penelitian ini adalah hasil obervasi dan kajian yang serupa atau berkaitan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembiasaan Semarbowo pada kegiatan Kemis Jowo dapat menumbuhkan rasa sopan satun, solidaritas, rasa cinta terhadap budaya Jawa melalui (1) Pembiasaan penerapan berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa yang diterapkan oleh seluruh warga sekolah setiap kemis Jowo, (2) Penerapan pembiasaan budaya cium tangan dan pengucapan “wilujeng enjang” kepada bapak/ibu guru setiap masuk kelas, (3) Penerapan pembiasaan membungkuk dan pengucapak “nuwun sewu” setiap bertemu orang yang lebih tua, (4) Penerapan pembiasaan pembelajaran berbasis kelompok supaya menumbuhkan rasa solidaritas serta gotong royong, (5) Pengintegrasian pembiasaan SEMARBOWO dalam gelar karya P5.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amilda, A. (2017). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684.
Blessinzka, L. (2019). Pembiasaan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Jawa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 487. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/14955/14506
Efendi, P. M., Tatang Muhtar, & Yusuf Tri Herlambang. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487
Fatimah, S. (2020). Peran guru menanamkan pendidikan karakter di sekolah dasar negeri mojorejo 2 sukoharjo. Jurnal Dikdas Bantara, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v3i2.864
Handayani, T. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa Di SD Karangmulyo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 4(3), 415–419.
Ibrahim, I., Mintasrihardi, M., Junaidi, A. M., Herianto, A., Muhardini, S., Mahsup, M., Azizah, A., Burhanuddin, B., Saleh, M., & Sobry, M. (2022). Pengenalan Kearifan Lokal Ratop Pada Generasi Melenial Desa Rempe Seteluk Sumbawa Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 184–188.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Lean, D., Rosyah, A., & Darmawan, P. (n.d.). KI HAJAR DEWANTARA. Bisnis Dan Pendidikan, 3(9), 2023. https://doi.org/10.17977/um066.v3.i9.2023.5.
Nurini, N. (2024). Kegiatan “Kamis Mlipis” pembiasaan bertutur Bahasa Jawa sebagai upaya pembentukan nilai karakter sopan santun. Adi Karsa: Jurnal Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(2), 175-182.
Putri, H. A., & Siswanto, D. H. (2024). Teaching at The Right Level (TaRL) as an Implementation of New Education Concepts in the Insights of Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Educational Science and Technology, 3(2), 89–100. https://doi.org/10.55927/nurture.v3i2.9297
Prasadityo, B. R., Lidyasari, A. T., & Ramadhansyah, A. A. Penanaman Karakter Kearifan Lokal Melalui Implementasi Pendidikan Khas Kejogjaan (PKJ) di SD Negeri Jetisharjo. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).
Rahmawati, Y., & Witanto, Y. (2024). Implementation of Character Educ Implementasi Pendidikan Karakter melalui Semarbowo di SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Jurnal Dikdas Bantara, 7(1), 25-36.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Sutisno, (2019). Telaah Filsafat Pendidikan. Bantul: Penerbit K-Media. From https://books.google.com/books/about/TELAAH_FILSAFAT_PENDIDIKAN_Edisi_Revisi.html? hl=id&id= FoU6EAAAQBAJ#v=onepage&q=pendidikan%20adalah&f=false.
Zahroh, F. A. (n.d.). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Dasar Kurikulum Merdeka.