ANALISIS PENDEKATAN STEM PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Novia Pratama Savitri
Hasna Salsabilah
Desvi Mila Mareta

Abstrak

STEM adalah Pendekatan pembelajaran terpadu ini menggabungkan aplikasi dunia nyata dengan pembelajaran di kelas, yang mencakup empat disiplin ilmu: sains, teknologi, teknik, dan matematika. Tujuan dari analisis tantangan dalam pendekatan STEM adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. deskripsi latar belakang masalah dan studi teoritis yang diberikan sebelumnya. Oleh karena itu, SLR tentang STEM sangat dibutuhkan saat merancang pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai sumber menunjukkan bahwa sel punca memiliki efek positif pada aspek kognitif, emosional dan psikomotorik. Selain itu, penerapan STEM memiliki tantangan tersendiri bagi guru dan siswa. Dari analisis literatur yang dilakukan, ditemukan bahwa pendekatan STEM mampu mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu secara relevan dan kontekstual. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep matematika, tetapi juga memperluas kemampuan mereka untuk menerapkan pengetahuan itu dalam situasi nyata.


Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis, STEM, SLR.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Savitri, Novia Pratama, Hasna Salsabilah, dan Desvi Mila Mareta. “ANALISIS PENDEKATAN STEM PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1202–1210. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2732.
Bagian
Artikel

Referensi

Amelia, Winda, and Arita Marini. “Urgensi Model Pembelajaran Science Technology, Engineering, Math and Math (STEAM) Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (2022).

Andini, Risma, Endang Retno Winarti, and Mintarsih. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Model Problem Based Learning Berbantuan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Stem.” Prisma (2022).

Ayurachmawati, Puji, Ratih Asmara, and Tika Dwi Nopriyanti. “Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SD V Negeri 01 Rasuan.” Indonesian Research Journal of Education 4 (2024).

Davidi, Elisabeth Irma Novianti, Eliterius Sennen, and Kanisius Supardi. “INTEGRASI PENDEKATN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR.” SCHOLARIA 11 (2021).

Fitriyah, Anis, and Shefa Dwijayanti Ramadani. “Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PJBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis.” Jurnal Inspiratif 10 (2021).

Handayani, Fitri. “Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM Pada Masa Pandemik Covid 19.” Cendekiawan 2 (2020).

Kristiani, Kornelia Devi, Tantri Mayasari, and Erawan Kurniadi. “Pengaruh Pembelajaran STEM-PJBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif.” UNIPMA (2019).

Mulyani, Tri. “Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0.” Unnes (2019).

Muslimin, Titik Pitriani, and Abdul Rahim. “KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERINTEGRASI STEM.” Pedagogi 8 (2023).

Nuraaeni, Resti, Sholehuddin, Nidratun Naimi, and Edison. “Implementasi Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Dalam Pembelajaran IPAS SDN Pamulang Timur 2.” Semnasfip (2024).

Nurfitriani, Dian Agung, and Fitrianto Eko Subekti. “Efektivitas Pendekatan Kontekstual, Open-Ended Dan STEM Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Proximal 7 (2024).

Nurhikmayati, Lik. “Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Didactical Mathematics 1 (2019).

Rahma, and Isralidin. “Implementasi Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen.” Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 3 (2022).

Rahmawati, Laili, and Dadang Juandi. “PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW.” Teorema: Teori dan Riset Matematika 7 (2022).

Rahmawati, Laili, Dadang Juandi, and Elah Nurlaelah. “IMPLEMENTASI STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11 (2022).

Sari, Lingga Eka, Syahrial, and Risdalina. “Penerapan Pembelajaran STEAM Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10 (2023).

Sumarni, Woro, Nanik Wijayati, and Sri Supanti. “KEMAMPUAN KOGNITIF BERPIKIR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERPENDEKATAN STEM.” Junrla Pembelajaran Kimia 4 (2019).

Utama, Candra, Varianta Java, Vike Renanda, Isaniya Roihatul, and Fitra Larasati. “IMplementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar Terintegrasi STEM.” Pendas 9 (2024).