IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN PANDEANLAMPER 03

Isi Artikel Utama

Pramaisheilla Ninda Karisa
Fine Reffiane
Maryati Maryati

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IA SDN Pandeanlamper 03, diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas IA SDN Pandeanlamper 03. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Mixed Method yang memadukan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dalam tahap ini, guru mengelompokkan siswa menjadi 3 kelompok berdasarkan kemampuan. Kelompok satu yaitu kelompok mahir. Kelompok kedua siswa dengan kemampuan cukup. Kemudian kelompok ketiga siswa yang belum bisa bahkan belum lancar menghitung. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pendekatan TaRL efektif dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai pretest dan posttest. Sedangkan hasil uji n-gain diperoleh 0,62 dimana termasuk dalam kriteria sedang yang artinya ternjadi peningkatan rata-rata hasil belajar antara pretest dan posttest. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan TaRL efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi Matematika siswa kelas IA SDN Pandeanlamper 03.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Karisa, Pramaisheilla Ninda, Fine Reffiane, dan Maryati Maryati. “IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN PANDEANLAMPER 03”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1250–1255. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2737.
Bagian
Artikel

Referensi

Aliya, N., Amin, S. M., Muawanah, M., Indrati, J., & Nafi’ah, U. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Wordwall Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II-C SDN Margorejo VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1094–1103. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2203

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 2(1).

Azhari, C. D. S., Afif, Z., & Kustati, M. (2023). Penelitian Mixed Method Research Untuk Disertasi. Nana Sepriyanti INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 8010–8025.

Darna, Palloan, P., & MT Kohar, N. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri 7 Makassar. 6(2), 1123.

Izzati, E. N., Untari, M. F. A., & Espiyati. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDN Gayamsari 02 Semarang Semarang. Universitas PGRI Semarang, Jl. Dokter Cipto No.24, Kec. Semarang Tim, 06(03), 17840–17846.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar (Erna Listyaningsih dkk.) | 620 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6). https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows (D. N. Hidayat, Ed.; Edisi Ke 2). Zifatma Jawara. https://books.google.co.id/books?id=K3IDEAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=nL1EkEz0zO&dq=Analisis%20Statistik%205%20langkah%20praktis%20analisis%20statistik%20dengan%20SPSS%20for%20Windows%20&lr&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q=Analisis%20Statistik%205%20langkah%20praktis%20analisis%20statistik%20dengan%20SPSS%20for%20Windows&f=false

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (t.t.). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 2023(7), 94–99. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.94-99

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sanvi, A. H., & Diana, A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PADA MATERI MATRIKS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–145.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Warda, A., & Sudibyo, E. (2018). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Implementasi Model Discovery Learning pada Sub Materi Pemanasan Global. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(2), 238–242.

Yuristia, F., Hidayati, A., & Ratih, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2400–2409. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2393