ANALISIS LITERATUR TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN DALAM MENUMBUHKAN NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Fitri Zakiyah Mahmudah
Julia Nur Abidah
Yuliana Naziatun Nufus
Titin Sunaryati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila pada siswa Sekolah Dasar (SD) melalui analisis literatur. Dengan menggunakan pendekatan studi literatur, penelitian ini berfokus pada pengkajian karya ilmiah seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian yang relevan dengan topik. Hasil dari kajian menunjukkan bahwa pembelajaran PKN secara umum berperan signifikan dalam menanamkan nilai-nilai dasar Pancasila, yang mencakup aspek ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Namun, sejumlah tantangan ditemukan, seperti penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan keterbatasan sarana pendukung pendidikan. Untuk mengatasi tantangan ini, dibutuhkan inovasi dalam metode pengajaran dan keterlibatan aktif siswa. Selain itu, dukungan dari lingkungan keluarga dan sekolah sangat penting untuk memastikan nilai-nilai yang diajarkan tidak hanya dipahami secara kognitif tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mahmudah, Fitri Zakiyah, Julia Nur Abidah, Yuliana Naziatun Nufus, dan Titin Sunaryati. “ANALISIS LITERATUR TENTANG EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PKN DALAM MENUMBUHKAN NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 490–493. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2739.
Bagian
Artikel

Referensi

Musyafiah, A., Mahfud, H., & Matsuri, M. (2022). Analisis pembelajaran PPKN materi hubungan simbol dengan sila Pancasila dalam penerapan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 123-135.

Djuwita, P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Nilai. JP3D (Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 5(2), 87-98.

Juri, J., Suseka, S., & Apoy, A. (2020). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ketungau Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal PEKAN, 8(1), 55-69.

Nugroho, Y. (2021) Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Yogyakarta: Media Pendidikan.

Ramadhan, T. (2021). Interaksi Sekolah dan Keluarga dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 201-215.

Sari, R. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Moral dan Etika, 4(2), 78-85.