IMPLEMENTASI PENDEKATAN CRT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) di SD Supriyadi 02 Semarang, yang berfokus untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, Dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes formatif dan refleksi dari siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam partisipasi siswa, dengan 66% siswa aktif berpartisipasi secara aktif dan 55% siswa menunjukkan keterlibatan yang sangat baik dalam pembelajaran. Selain itu, tes formatif juga menunjukkan bahwa 76% siswa memperoleh nilai baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) terbukti dapat memberikan dampak positif terhadap minat belajar dan keterlibatan siswa. Selain itu, penting untuk melibatkan orang tua dan komunitas dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan bermakna. Penerapan pendekatan ini tidak hanya dapat meningkatkan hasil akademis, tetapi juga membantu dalam pengembangan keterampilan sosial dan emosional yang penting bagi kemajuan siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abadi, M., & Muthohirin, N. (2020). Metode Cultural Responsive Teaching dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 34–48. https://doi.org/10.22219/progresiva.v9i1.12520
Aliftika, O., Purwanto, P., & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141–147. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20178
Bahar, N. A., Hamkah, M., & Prajabatan, P. (2023). Penerapan Model Tps Dengan Pendekatan Crt Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 483–490. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp/article/view/963
Bennett, B., Redfern, H., & Zubrzycki, J. (2018). Cultural Responsiveness in Action: Co- Constructing Social Work Curriculum Resources with Aboriginal Communities. British Journal of Social Work, 48(3), 808–825. https://doi.org/10.1093/bjsw/bcx053
Hardiana, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar Ipas Melalui Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn 01 Sumbersari. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2394–2405.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.983
Kreativitas, M., & Kepribadian, D. A. N. (2024). JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 7, Nomor 2, Juli–Desember 2024. 7, 400–411.
Masfiastutik, S., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Penerapan Pendekatan CRT pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD. Journal of Science and Education Research, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.134
Nasution, D. N., Rahman Efendi, U., & Yunita, S. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR.
Naufanda, M. F., Dwijayanti, I., & Izzah, K. H. (2024). Penerapan Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Gayamsari 02 Semarang. 3(2), 2637–2644.
RIMANG, S. S., USMAN, H., & MANSUR, M. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level and Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ix Andi Page Smpn 1 Segeri Pangkep. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(4), 158–166. https://doi.org/10.51878/language.v3i4.2641
Ristia, N., & Latifah, R. (2024). Validitas E-modul Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Fase E ( Kelas X ) Program Studi Pendidikan Kimia , Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18541–18551.
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922
Wahidah, N., Santoso, G., La Aca, M. F., Wuriani, D., Bosawer, A., Lestari, N. M., & Anggo, A. Y. (2023). Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 190–214.
Yasa, A. D., Kumala, F. N., Utama, D. M., Randle, O., & Santoso, H. (2024). Pelatihan Penyunsunan Desain Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dengan Menggunakan Pendekatan Culture Responsive Teaching. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.56393/jpkm.v4i1.2242
Yuli Rohmawati, D., Zuliana, D., Guru Sekolah Dasar, P., Negeri Surabaya, U., & Negeri Sumobito, S. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDEKATAN CRT (CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI SUMOBITO 1 JOMBANG.
Zahrika, N. A., & Andaryani, E. T. (2023). Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 163–169. https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124