ANALISIS EVALUATIF PROGRAM MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PAKAN SINAYAN DENGAN PENDEKATAN CIPP

Isi Artikel Utama

Zulkifli Zulkifli
Ahmad Sabri
Remiswal Remiswal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program manajemen Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis kearifan lokal di SD Negeri 03 Pakan Sinayan dengan pendekatan CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi dilakukan untuk menilai relevansi program dengan kebutuhan dan konteks sekolah, efektivitas sumber daya yang digunakan, kualitas pelaksanaan program, serta dampak yang dihasilkan terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PAI berbasis kearifan lokal di SD Negeri 03 Pakan Sinayan sudah sesuai dengan kebutuhan pendidikan agama dan budaya lokal Minangkabau, meskipun pengintegrasian keduanya dalam pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Sumber daya yang tersedia, seperti kurikulum dan fasilitas, sudah memadai, namun konsistensi dalam mengintegrasikan materi agama dan budaya lokal masih perlu diperkuat. Proses pelaksanaan program berjalan dengan baik, namun keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung pembelajaran masih terbatas. Dampak program terhadap siswa menunjukkan hasil yang positif, dengan peningkatan pemahaman terhadap ajaran agama Islam dan perubahan perilaku sosial yang baik. Namun, penerapan nilai-nilai budaya lokal dalam kehidupan sehari-hari siswa masih terbatas. Penelitian ini menyarankan agar penguatan integrasi antara agama dan budaya lokal lebih diprioritaskan dalam kurikulum dan proses pembelajaran, serta meningkatkan keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan program

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zulkifli, Zulkifli, Ahmad Sabri, dan Remiswal Remiswal. “ANALISIS EVALUATIF PROGRAM MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PAKAN SINAYAN DENGAN PENDEKATAN CIPP”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2057–2067. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2754.
Bagian
Artikel

Referensi

Creswell, J. W. (2009). Research Design Pendekatan Kualitataif Kuantitatif Dan Mixed, terjemahan Achmad Fawaid. Pustaka Pelajar.

Efendy, R., & Irmwaddah, I. (2022). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa. Dialektika: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–33.

Harri, M., Suhartono, Fitriati, T. K., & Subagja, I. K. (2022). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. CV. Pena Persada.

Ibrahim, M. M. (2018). Penelitian Evaluasi Bidang Pendidikan (Pendekatan Kualitatif). Makassar: Alauddin University Press.

Irmayanti, A. P., Nelwati, S., Khadijah, K., Syamsi, S., & Maulana, F. (2024). Upaya Guru Fiqih Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Islam Di MAN 2 Padang. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8(1), 21–41.

Januar. (2024). Pendidikan Islam Berbasis Adat dan Syarak: Perspektif Syekh Sulaiman Arrasuli. Zahir Publishing.

Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Konteks Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nurhayani, N., Yaswinda, Y., & Movitaria, M. A. (2022). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program pendidikan karakter sebagai fungsi pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362.

Rasyidi, A. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis sebagai pengembang pemahaman serta pengamalan ajaran Islam kehidupan sehari-hari. Islamic Education Review, 1(1), 1–21.

Saputra, E., & Ali, N. (2024). Inklusifitas Beragama Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 36–47.

Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.