ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BAGI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MODEL PBL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam konteks pembelajaran dan kebutuhan untuk mengidentifikasi metode pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah literature review atau tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model Problem Based Learning pada Kegiatan pembelajaran efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) karakteristik model problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, (3) kegiatan pembelajaran lebih berpusat ke peserta didik, sumber pembelajaran lebih bervariatif, sehingga peserta didik lebih terlatih dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Artikel ini mencakup peningkatan pemahaman tentang pentingnya keterampilan berpikir kritis, memberikan wawasan tentang strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Bialangi, M. S. (2019). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif . In P. S. BIOLOGI, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tadulako (pp. 56-65).
Dewi, K., & Arta, E. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran Vol 3, No. 2, 107-114.
Eka , A. A., Erma , F., & Andi , S. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol. 13, No. 1, 981-990.
Eka , T. P., & Eunice , W. S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basic Edu. Vol. 4 No. 2, 379-388.
Enok , N. M., Ipin , A., & Aden , A. G. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019, 924-932.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa . Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPI) Vol. 3 No. 1, 95-101.
Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 16 No. 1, 139-145.
Indah, R. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research. Vol 3 No. 2, 62-70.
Innestasia, H., Kartika, C. S., & Ngatman. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. UNS. Vol. 11. No. 3, 987-996.
Kurniawan, A. H. (2023). Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis Bagi Siswa. Perpus Kita.
Luthfiana , A. R., Edy , S., & Suneki, S. (2019). Model Pembelajaran PBL Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X SMAN 7 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 2, 807-812.
Muhammad, S., & Henny, D. K. (2021). Pembelajaran Problem based learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha. Volume 9, Number 3, , 489-496.
Nurcahyani, & Hestianna. (2023). PENELITIAN STRATEGI PENGEMBANGAN KOLEKSI. Jurnal Pustaka Budaya, Vol. 10 No. 1., 32-43.
Pranestya, R. S., Masta, H., & Gida, K. (2023). Systematic Literature Review:: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 6, No. 5, 1865-1872.
Soleh, H., & Dina, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Respirasi. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 8. No.1, 55-65.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswar, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 63-77.
Windi, M., & Agnes, H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia. Volume 4, No. 1, 31-41.
Yunin, N. N. (2014). Penerapan PBL dapat Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vokasi. No. 4 Vol. 1 , 125-143.