IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK DI SD NEGERI 9 TELAGA

Isi Artikel Utama

Lisma Lisma
Yurni Rahman
Yusraningsih Pongoliu

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka pada sekolah penggerak di SD Negeri 9 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah satu kepala sekolah, tiga pendidik, dan 3 peserta didik, tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui  : a) Observasi,  b) wawancawa,  c) Dokumentasi. Hal ini dapat di lihat mulai dari indikator perencanaan kurikulum merdeka yang sudah di buat berdasarkan pengalaman serta pemahaman ketika mengikuti program sekolah penggerak.Sehingga memudahkan pendidik  dalam menyusun perangkat ajar.Pada Indikator pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di laksanakan dengan sebaik mungkin berdasarkan kebutuhan belajar siswa walaupun masih ada sedikit kendala.Pada Indikator Evaluasi/Asesmen Pendidik sudah melaksanakannya dengan baik sesuai langkah-langkah yang sudah di tetapkan oleh sekolah. Oleh karena itu pembelajaran kurikulum merdeka ini terutama dalam tahap pelaksanaan di harapkan agar dapat meningkatkan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan yang akan di capai. Keterlibatan semua unsur terutama warga sekolah dalam mendukung peningkatan Implementasi kurikulum merdeka  dengan memberikan fasilitas dan Mengembangkan potensi agar dapat mengatasi kendala saat ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lisma, Lisma, Yurni Rahman, dan Yusraningsih Pongoliu. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK DI SD NEGERI 9 TELAGA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2105–2112. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2813.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggraena, Y., et al. Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran . Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.(2022)

Bahri, B. S (2010). Meyakinkan validasi data melalui triagulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 10.1:46-62.

Fujiawati, S.T. (2016). Pemahaman konsep kurikulum dan pembelajaran dengan peta konsep bagi mahasiswa pendidik seni. Jurnal pendidikan dan kajian seni. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 1 (1), 1.1:19-20.

Kemendikbud . Program Sekolah Penggerak.2021, Jakarta: Kemendikbud.(2021) Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pendoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka).

Khori A., Mudrikah A., dan Hamdani H., “Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara”, Islamic Managenment: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , Vol.5 No. 1 (2022)

Leu, B. (2022). Komperasi kurikulum merdeka belajar dan al-quran surah al-baqarah ayat 31. Dosen sekolah tinggi agama islma (STAI), Kupang NTT. 11 (2), 11.1:122-123

Munandar, A. . Pengantar Kurikulum. Yogjakarta:Deepublish. Syafi’i, F. F. Merdeka Belajar Sekolah Penggerak.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2018

Zamjani. I, Dkk. 2021. Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak.

(https://penggeraksimpkb.s3.apsoutheast1.amazonaws.com/portalprogramsekolahpenggerak/wpcontent/uploads/2021/02/10114931/NaskahAkademik-SP.pdf diakses pada tanggal 28 Oktober 2021)