UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI PERMAINAN JELAJAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk mengetahui pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi “Aturan di Sekitarku” melalui penerapan permainan menjelajahi di sekolah pada kelas IV SDN Sidotopo Wetan I/255 Surabya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-E SDN Sidotopo Wetan I/255 Surabaya serta salag satu guru kelas yang ada disana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian permainan jelajahi sekolahku memiliki pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini terlihat dari rata-rata pemberian angket sebelum pemberian eksperimen berupa kegiatan pembelajaran sebanyak dua kali memiliki penurunan dari yang sebelumnya memiliki rata-rata 85,34 menjadi 74,8 kemudian setelah diberi perlakuan dan di observasi dengan memberikan lembar prestasi rata-rata mengalami peningkatan menjadi 82,58.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Andriani, Rike; & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1), 80-86.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atik, B., Miftahul J., & Hikmatu R. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Baicedu. 7(1). 572-582.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pada KBBI VI Daring. Diambil 29 Agustus 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pada KBBI VI Daring. Diambil 08 September 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kewarganegaraan
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pada KBBI VI Daring. Diambil 08 September 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/motivasi
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pada KBBI VI Daring. Diambil 10 September 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/media
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pada KBBI VI Daring. Diambil 10 September 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/permainan
Damri, & Fauzi, E. P. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.
Harisuddin, Muhammad Iqbal. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma.
Nugraheni, Nursiwi. 2017. Implementasi Permainan Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 1(2). 142-129
Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Diakses tanggal 31 Agustus 2024, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Salinan%20PP%20Nomor%2057%20Tahun%202021.pdf
Rosyadi, Akhmad Faiz Abror (2012) PENGARUH MINAT MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS V SD SE GUGUS II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5487
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumiharsono, M.R; & Ariyanto, D. (2017). Media Pembelajaran. Jember: CV Pustaka Abadi.
Susanti, Lidia. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Syafril, & Zelhendri Zen. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.
Prahmana, R.C.I., Hendrik, Sopaheluwakan, A, van Groesen, B. (2008). Numerical Implementation of Linear AB-Equation Model using Finite Element Method, Technical Report. Bandung: LabMath-Indonesi