STRATEGI MNEMONIK DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL TRI SATYA DAN DASA DARMA PADA PRAMUKA PENGGALANG

Isi Artikel Utama

Annissa Mawardin
Alia Febriani
Natasya Azzahra
Adisa Fatyra

Abstrak

Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler bertujuan membentuk karakter siswa melalui pengamalan nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Darma. Namun, banyak siswa, khususnya di tingkat penggalang, mengalami kesulitan dalam menghafal kedua kode kehormatan ini, yang menghambat internalisasi nilai-nilai luhur tersebut. Penelitian ini bertujuan menerapkan strategi mnemonik untuk membantu siswa menghafal dan memahami Tri Satya dan Dasa Darma secara lebih efektif. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Arrofi'iyah melalui observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menghafal kedua kode kehormatan tersebut. Penerapan strategi mnemonik, seperti akronim "TUH-NOL-DAS" untuk Tri Satya dan "TA CI PA PA RE RA HE DI BER SU" untuk Dasa Darma, serta teknik akrostik kreatif, terbukti membantu siswa lebih mudah mengingat dan menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi mnemonik tidak hanya meningkatkan daya ingat siswa tetapi juga mendukung pembentukan karakter sesuai nilai-nilai kepramukaan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mawardin, Annissa, Alia Febriani, Natasya Azzahra, dan Adisa Fatyra. “STRATEGI MNEMONIK DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL TRI SATYA DAN DASA DARMA PADA PRAMUKA PENGGALANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2158–2163. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2846.
Bagian
Artikel

Referensi

Afrilda Nasution, N., Sholeh Rambe, I., Anatasia Br. Ginting, D., Vivayosa Br. Surbakt, N., & Sidik Siregar, F. (2024). Peranan Pramuka Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3). https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.940

Annisa, I. S., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Metode Miles Dan Huberman Di Kelas IV Sd Negeri 060800. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(2), 6469–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Alvian Fakka, M., & Bangun Ds, S. (2023). Kode Kehormatan Pramuka Penggalang: Janji Trisatya dan Dasa Darma. Tribun News. https://www.tribunnews.com/nasional/2023/08/11/kode-kehormatan-pramuka-penggalang-janji-trisatya-dan-dasa-darma

Ambri Damanik, S. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan V, 13(2), 1–203.

Atimi, N. D., Ningsih, A. N. M., & Lestari, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Retensinya Menggunakan Metode Mnemonics. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2661

Ayu Winarsih, A. (2021). Ini Bunyi Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya Beserta Penjelasanya. Media Indonesia. mediaindonesia.com

Darus, M., Mahadi, I., & Syaf’i, W. (2022). Pengembangan Buku Pegangan Biologi dengan Metode Mnemonik Tipe Akrostik untuk Kelas VIII SMP/MTS Materi Struktur Tumbuhan dan Teknis Penerapannya. BIOLOGY AND EDUCATION JOURNAL, 2(2), 1–11.

Dwi Sitoningrum, N. (2023). Trisatya Pramuka Penegak, Penggalang, Siaga serta Penggunaannya. Detik Sulsel. www.detik.com

Dwi Yunita, R., Kuntarto, E., Gusmaulia, A., & Putri, E. (2024). Keefektifan Penggunaan Strategi Mnemonic Akronim Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Topik Cahaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04).

Fadholi, A., & Saefudin, A. (2021). Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung Dalam Tri Satya Pramuka Tingkat Penggalang (Studi Analisis Buku Boyman Karya Andri Bob Sunardi). Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 78–102. https://doi.org/10.33477/alt.v6i1.1481

Fahmaan, I., Sarah, S., & Listini, W. (2024). Peran Kode Kehormatan sebagai Standar Tingkah Laku Anggota Pramuka. Jurnal Bakti Sosial, 3(1), 102–109.

Farida, Y. E., & Khamidah, N. (2024). Pengaruh Strategi Mnemonic Akrostik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Ma Masalikil Huda. Tantangan Dan Peluang Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi, 2(2). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.

Khoirunnisa, I. (2023). Pengaruh Metode Mnemonik Terhadap Prestasi Kosakata Siswa DI Madrasah. IJCE: Indonesian Journal of Cyber Education, 1(1). www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/IJCE

Kurmalasari, T., Habibah, S., Elvi, M., Bahasa dan Sastra Indonesia, Z., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Maritim Raja Ali Haji, U., Raya Dompak, J., Tanjungpinang, K., & Kepulauan Riau, P. (2021). Sosialisasi Mengingat Cepat Dengan Teknik Mnemonik Dalam Mengembangkan Karakter Dan Kreativitas Siswa Di Pkbm Harapan. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 57–61.

Nurfadilah, I., Sutisnawati, A., & Sukabumi, U. M. (2022). Penerapan Metode Mnemonic Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2516

Nurrosyda Putri, N., & Ihsan Pratama, A. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan Dalam Membangun Karakter di Kelas III MI Darunnajah 2 Cipinang. Awwaliyah: Jurnal PGMI Volume, 4(2), 196–201. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.1700

Prahesti, D., Ismaya, H., Mayasari, N., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Ilmu, F., & Sosial, P. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Peran DasaDharma Pramuka. Jurnal Pendidikan Edutama, 1(2), 1–8.

Rahmawati, N. W., Damayanti, R. P., Sari, S. M., & Tarsidi, D. Z. (2024). Mnemonik: Kunci Ajaib Membuka Pintu Memori Jangka Panjang Dalam Pembelajaran Ppkn Sd. Sindoro Cendikia Pendidikan , 9(8). https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Rasem. (2023). Pengembangan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstra Kulikuler Pramuka. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 35–44.

Rohmah, N., Sari, N., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2023). Kajian Neoropsikology: Strategi Mnemonic untuk Meningkatkan Kinerja Memori dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2805–2818. http://jurnaledukasia.org

Ummah, R., Nurcholis Majid, M., & Kuswanto, F. (2022). Penerapan Karakter Kemandirian melalui Kegiatan Pramuka pada Kelas IV MI: Studi Kasus di MI Nadlatul Ulama Sumokali. Al Kayyis, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.47759/kayyis.v5i01.282

Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika. EDUSCOPE, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.879

Windu Gumati, R. (2020). Pengantar Pendidikan Kepramukaan di Perguruan Tinggi. Widina Bhakti Persada Bandung.

Zaenuri, Z., & Maemonah, M. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1825–1833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1038

Zahara, A. I., & Samsul, S. I. (2022). Penggunaan Strategi Mnemonik Penggunaan Strategi Mnemonik Dalam Mempelajari Kosakata Bahasa Jerman Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Gedangan. E-Jurnal Laterna, 11(2).