PERAN PANCASILA SEBAGAI LANDASAN ETIKA DALAM PENINGKATAN SISTEM INFORMASI BERKELANJUTAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pancasila sebagai fondasi filosofis bangsa Indonesia menyimpan nilai-nilai universal dan abadi yang relevan dengan perkembangan teknologi informasi, Artikel ini menjelajahi penerapan prinsip-prinsip Pancasila dalam pengembangan sistem informasi berkelanjutan dan beretika. Dengan menganalisis sila-sila Pancasila, penulis mengidentifikasi implikasi etisnya pada desain sistem, pengamanan data, privasi, dan keadilan digital. Studi ini menawarkan kerangka konseptual untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan sistem informasi yang responsif, transparan, dan berorientasi masyarakat. Analisis ini mencakup aspek sila pertama menghormati privasi dan kepercayaan pengguna, sila kedua mengembangkan sistem yang mudah diakses dan ramah pengguna, sila ketiga meningkatkan integrasi data untuk kepentingan bersama, sila keempat mengembangkan sistem transparan dan akuntabel, sila kelima meningkatkan aksesibilitas teknologi untuk semua lapisan masyarakat. Hasil dari Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan sistem informasi yang berkelanjutan, beretika, dan berorientasi masyarakat di Indonesia.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Asnul, 2021. Referensi terkait UUD 1945 dan cita-cita bangsa Indonesia.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative research in Psychology, 3(2), 77-101.Digital Microsoft Survey, 2021. Survei Etika Digital Microsoft 2021. Diakses dari https://x.com/perupadata/status/1.
Eriyanto. (2021). Metode Netnografi: Pendekatan Kualitatif dalam memahami budaya pengguna media sosial. PT Remadja Rosdakarya.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Karmedi, et al. 2021. Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 2021, Pages 44-46.
Muzayin. (1992). Ideologi Pancasila (bimbingan Ke Arah Penghyatan dan Pengamalan bagi Remja). Jakarta: Golden Terayon Press.
Mpu Tantular. (Abad XIV). Nagara Kertagama. (Buku sejarah yang menyebutkan istilah Pancasila).
Nurhadianto. (2014). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Upaya Membentuk Pelajar Anti Narkoba. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23, 45.
Ratih, L. D., & Najicha, F. U. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara: Sebuah Tinjauan Literatur, Jurnal Global Citizen Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59-64. https://doi.org/10.33061/jgz.v1012.5755.
Strauss, A., & Corbin, J. (1990). Basics of Qualitative Research: Grounded Theory Procedures and Techniques. Sage Publications.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri. (2022)., Penguatan Pendidikan Karakter melalui Profil Pelajar Pancasila bagi Guru di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Padang. Indonesia.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.