MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AKTIVITAS PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VI SD NEGERI 0201 BINANGA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas, siswa cenderung lebih aktif karena suasana belajar mengarah kepada siswa menemukan hasil pemahaman melalui suatu interaksi, mudah dalam memahami materi ajar, karena dibantu melalui media belajar yang kongkrit.Setelah dilakukan tindakan-tindakan dalam penelitian ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari hasil ketuntasan awal pada pra siklus meningkat pada siklus Idan kembali meningkat pada siklus II.Pada pra siklus yang tuntas belajar hanya sebesar 56,25 % atau 9 siswa, sedangkan siswa yang belumtuntas 44,75 atau 7 siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata meningkat yaitu sebesar 68,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 62,50% atau 10 anak sedangkan yang belum tuntas 33,50% atau 6 siswa. Pada siklus 2 ketuntasan belajar mengalami peningkatan hingga mencapai 87,50% atau 14 siswa sedangkan yang belum tuntas 12,50% atau 2 siswa.Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran PKn kelas VI SD Negeri 0201 Binanga.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto Suharsimi (2002) ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Creswell, John, W, (2008) “educationalresearch” Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. Third Edition. America:Pearson Education. Inc
Hamdi, (2011). Teori kepribadian. Bandung: Upi SPs Press.
Harlen, (2010). Model Pembelajaran Interaktif. London: Kogon Page
Kusnan M.Rosyid,(2010).Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VI. Jakarta: Intan Pariwara
Slavin, Robert. (2009) “Cooperative Learning. Teori, riset dan praktik”. Terjemahan. Bandung: Nusa Media
Suciati,(2010). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudjana,(2011). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, (2012). “metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R &D”. Bandung: Alfabeta
Usman,(2011). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif. Bandung: PustakaMartina.
Wardani I.G.A.K, Wihardit Kuswaya, Nasution Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Universitas Terbuka
Winaputra, S Udin, (2010).Materi dan Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka
_________________________.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka