PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 0503 PARSOMBAAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menerapankan model dicovery learning (DL) kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik melalui penerapan model dicovery learning (DL)kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan.Metode yang digunakan adalah (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaituperencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran Tematik kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi setiap siklusnya. Hasil observasi guru pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 39 dengan kategori cukup meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 49 dengan kategori baik.Hasil observasi siswa pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 38 dengan kategori cukup meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 44 dengan kategori baik. (2) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran Tematik kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar setiap siklusnya. hasil belajar siswa siklus pertama nilai rata-rata adalah 68,5 dengan persentase ketuntasan secara klasikal adalah 70% meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 85 dengan persentase 88%.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:P PT Refika Aditama.
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Grup).
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hanifa. U., & Wasitohadi. 2017. Perbedaan Aktivitas antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Inquri danj Hasil Belaja IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan , 1 (2), 92-104.
Kurniasih, I. & Berlian, S. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014 SD kelas V. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kemendikbud.
Kadir. A. & Asroha. H. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muslich, M. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Classroom Action Riseach. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Winarni, E., W. 2011. Penelitian Pendidikan.Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkul