PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 0503 PARSOMBAAN

Isi Artikel Utama

Jekson Hasibuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menerapankan model dicovery learning (DL) kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik melalui penerapan model dicovery learning (DL)kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan.Metode yang digunakan adalah (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaituperencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran Tematik kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi setiap siklusnya. Hasil observasi guru pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 39 dengan kategori cukup meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 49 dengan kategori baik.Hasil observasi siswa pada siklus pertama nilai rata-rata adalah 38 dengan kategori cukup meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 44 dengan kategori baik. (2) Penerapan model discovery learning pada pembelajaran Tematik kelas V SD Negeri 0503 Parsombaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar setiap siklusnya. hasil belajar siswa siklus pertama nilai rata-rata adalah 68,5 dengan persentase ketuntasan secara klasikal adalah 70% meningkat pada siklus kedua dengan nilai rata-rata adalah 85 dengan persentase 88%.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasibuan, Jekson. “PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 0503 PARSOMBAAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1528–1532. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2873.
Bagian
Artikel

Referensi

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:P PT Refika Aditama.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Grup).

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hanifa. U., & Wasitohadi. 2017. Perbedaan Aktivitas antara Penerapan Model Pembelajaran Discovery dan Inquri danj Hasil Belaja IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan , 1 (2), 92-104.

Kurniasih, I. & Berlian, S. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kemendikbud, 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2014 SD kelas V. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber daya Manusia dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kemendikbud.

Kadir. A. & Asroha. H. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muslich, M. 2012. Melaksanakan PTK itu Mudah. Classroom Action Riseach. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Winarni, E., W. 2011. Penelitian Pendidikan.Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkul