PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI 0401 PASAR UJUNG BATU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi dan tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu :1) pada siklus I pembelajaran belum berjalan dengan baik dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar 6,2 dan terdapat 6 siswa yang belum mencapai ketuntasan serta persentase keterlibatan peserta didik sebesar 31,6% yang aktif, sisanya masih kurang aktif selama pembelajaran. Pada sikus II pembelajaran telah berjalan dengan baik, aktivitas siswa dan guru telah menunjukkan peningkatan dari siklus I dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar 7,53 dan semua siswa mencapai ketuntasan serta persentase keterlibatan siswa sebesar 89,5% aktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Renika.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Ibrahim, M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Anam, K. 2000. Implementasi Cooperative Learning dalam Pembelajaran Geografi, Adaptasi Model Jigsaw dan Field Study. Jakarta: Buletin Peningkatan Mutu Pendidikan SLTP Pelangi Pendidikan. Volume 3 No. 2, tahun 2000 (1-8)