UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN SUDUT PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPKAN PEMBELAJARAN TWO STRAY TWO STAY SISWA KELAS IV SD NEGERI 0401 PASAR UJUNG BATU

Isi Artikel Utama

Nur Asiah Jamil Nasution

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Two Stray Two Stayterhadap hasil belajar Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran Two Stray Two Stay Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 35%), siklus II (75 %), siklus III ( 95 %). Pembelajaran Two Stray Two Stay dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stray Two Stay dapat digunakan sebagai salah satu alternativ model dalam pembelajaran Matematika

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Nur Asiah Jamil. “UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN SUDUT PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPKAN PEMBELAJARAN TWO STRAY TWO STAY SISWA KELAS IV SD NEGERI 0401 PASAR UJUNG BATU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1541–1546. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2876.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdurrahman. (2004). Two Stay Two Stray Sebuah Model Pembelajaran. Bandung: KAIFA

Berdiati, I. (2010). Model PakemPembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widyaiswara BDK

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi ke 3. Jakarta : Asdi Mahastya.