UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN SUDUT PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPKAN PEMBELAJARAN TWO STRAY TWO STAY SISWA KELAS IV SD NEGERI 0401 PASAR UJUNG BATU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Two Stray Two Stayterhadap hasil belajar Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran Two Stray Two Stay Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 35%), siklus II (75 %), siklus III ( 95 %). Pembelajaran Two Stray Two Stay dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas IV SD Negeri 0401 Pasar Ujung Batu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stray Two Stay dapat digunakan sebagai salah satu alternativ model dalam pembelajaran Matematika
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdurrahman. (2004). Two Stay Two Stray Sebuah Model Pembelajaran. Bandung: KAIFA
Berdiati, I. (2010). Model PakemPembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widyaiswara BDK
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi ke 3. Jakarta : Asdi Mahastya.