PENGARUH METODE DRILL DAN PRACTICE (D&P) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Isi Artikel Utama

Nurleli Hariani Harahap

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif matematis penting untuk dimiliki siswa Sekolah Dasar sehingga mereka dapat terlibat aktif dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang menantang. Terkait hal tersebut maka tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh metode Drill dan Practice (D&P) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang tinjau dari kemampuan awal matematis (KAM). Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan tipe One Group Pretest-Posttest Desaign dan melibatkan 22 siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih secara proposive. Untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis digunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode D&P terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari KAM. Uji lanjut menggunakan Post Hoc Test menunjukan bahwa KAM level tinggi >< sedang tidak terdapat perbedaan, sedangkan KAM tinggi >< rendah dan sedang >< rendah terdapat perbedaan. Setiap level KAM mencapai peningkatan dalam kategori sedang. Peningkatan dikarenakan efektivitas metode D&P. Metode D&P dapat memicu peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, karena siswa berlatih mengerjakan soal-soal dan mempraktekan terhadap permasalahan kontekstual. Proses ini membuat siswa dapat mengeksplorasi kemampuan berpikir kreatif mereka.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Nurleli Hariani. “PENGARUH METODE DRILL DAN PRACTICE (D&Amp;P) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1547–1557. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2877.
Bagian
Artikel

Referensi

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (1991). Computer based instruction: methods and development. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Amabile, T. M. (1996). Creativity in context. Boulder, CO: Westview

Balka, D. S. (1974). Creative ability in mathematics. – In: Arithmetic Teacher 21, p.

–636

Drowns, B., & Robert, L. (1985). Journal of Computer-Based Instruction, 12(3), pp 59- 68

Ericsson, K. A. (2016). Summing up hours of any type of practice versus identifying optimal practice activities: Commentary on Macnamara, Moreau, & Hambrick (2016). Perspectives on Psychological Science, 11, 351–354. doi:10.1177/1745691616635600.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari GayaBelajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). Prisma Prosiding Seminar Matematika. https: //journal.unnes.ac.id/ sju/index.php /prisma/

Gajda, A., Karwowski, M., & Beghetto, R.A. (2016). Creativity and Academic Achievement: A Meta-Analysis. Journal of Educational Psychology. Advance online publication. http://dx.doi.org/10.1037/edu0000133

Gee, Y. T., & Umar, I. N. (2014). The Effects of Drill and Practice Courseware on Students’ Achievement and Motivation in Learning English. International Journal of Educational and Pedagogical Sciences, 8(12), pp. 3812-3817.

Gregoire, J. (2016). Understanding Creativity in Mathematics for Improving Mathematical Education. Journal of Cognitive Education and Psychology, 15(1), 24-36

Hake, R, R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A sixthousand-student survey of mechanics tes data for introductory physics course. Am. J. Phys, 66 (1), 64-74.

Hailikari, T., Katajavuori, N., & LindblomYlänne, S. (2008). The Relevance of prior knowledge in learning and instructional design. American journal of pharmaceutical education, 72(5), 113

Hana, N., & Hamada, H. (2017). Creativity in the EFL Classroom: Exploring Teachers’

Knowledge and Perceptions. Arab World English Journal (AWEJ), 8(4), 352-364 Henderson, K., L. (2007). The Effects Of Prior Knowledge Activation On Learner

Retention Of New Concepts In Learning Objects. Doctoral Dissertation (Open Access), University of Central Florida. Online Tersedia: https://pdfs.semanticscholar.org/e1fc/ 5385da0f4f52536ba3051a6f60bb310d65c5.pdf

Hsu, L., & Maan Sheu, C. (2008). A Study of Low English Proficiency Students’ Attitude toward Online Learning. Electronic Journal of Foreign Language Teaching 5(2), pp. 240–264

Joong Kim, D., Chul Bae, S., Ho Choi, S., Jeong Kim, H., & Lim, W. (2019). Creative Character Education in Mathematics for Prospective Teachers, Sustainability 11, 1730; doi:10.3390/su11061730

Kaufman, J. C., & Beghetto, R. A. (2009). Beyond big and little: The four C model of creativity. Review of General Psychology, 13, 1–12. http:// dx.doi.org/10.1037/a0013688

Lehtinen, E., McMullen, J., Hannula-Sormunen, M.M., & Gruber, H. (2017). Cultivating mathematical skills: from drill-and-practice to deliberate practice. The international Journal on mathematics education 49(7) · March 2017 with 2,857 Reads doi: 10.1007/s11858-017-0856-6