PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA DI SD NEGERI 0722 PTPN IV LUBUK BUNUT

Isi Artikel Utama

Seri Gustini

Abstrak

Peran guru dalam penerapan keterampilan bertanya dilakukan pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam penerapan keterampilan bertanya, kendala dan solusi dalam penerapan keterampilan bertanya di SD Negeri 0722 PTPN IV Lubuk Bunut. Implementasi, kendala dan solusi yang diteliti dalam penelitian ini adalah peran yang dilakukan guru dalam penerapan keterampilan bertanya pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas I sampai kelas VI di SD Negeri 0722 PTPN IV Lubuk Bunut. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data, model data (display data) dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil observasi peneliti di SD Negeri 0722 PTPN IV Lubuk Bunut dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya guru merupakan kegiatan yang paling sering dan paling penting dilakukan dalam proses pembelajaran. Kemampuan bertanya merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh guru karena bertanya merupakan salah satu alat bantu dalam mengajar. Karena hampir di setiap tahapan pembelajaran guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan oleh guru akan menentukan kualitas jawaban siswa. Pemberian pertanyaan akan membantu siswa belajar secara mental dan lebih sempurna dalam menerima informasi sehingga siswa berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Gustini, Seri. “PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA DI SD NEGERI 0722 PTPN IV LUBUK BUNUT”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1564–1570. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2879.
Bagian
Artikel

Referensi

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.

Hasibuan, J.j. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia . (Online), (http://kbbi.web.id/tanya, diakses 29 februari 2023)

Majid, Abdul. 2012. Keterampilan Bertanya. (Online), (http ://www. tintapendidikanindonesia.com/2016/12/keterampilanbertanya. html diakses 12 Maret 2023)

Moleong, Lexi J. 2010. Analisis Data Kualitatif. (Online). (journal. repository.upi.edu/11140/6/S_PLS_0907078_Chapter3.pdf., diakses 28 Maret 2023).

Mulyasa.2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Noor, Juliansyah. 2013. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Risovi, Zulhani. 2014. Keterampilan Bertanya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih(Online). (journal.amikom.ac.id,risovi,zulhani diakses 29 Februari 2023)

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana

Soetopo, Hendayat. 2005. Pendidikan & Pembelajaran. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, danR&D). Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. Setiady Akbar. 2014. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yani, Ahmad. 2013. 12 Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta : CV. Pringgadani

Zuriah, Nurul. 2009. Metodelogi Penelitian Sosialdan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksar