DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA KONKRET DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi siswa di Kota Medan, di mana hanya mencapai 60 dari skala 100. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan bervariasi, sehingga memengaruhi pencapaian siswa dalam numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media konkret terhadap kemampuan numerasi siswa kelas II di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Penelitian dilaksanakan pada 18-19 Novemeber 2024 dengan populasi seluruh siswa kelas II-A dan II-B sebanyak 40 siswa, yang semuanya menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi-Experimental), yaitu desain pretest-posttest kelompok kontrol. Kelompok eksperimen (kelas II-B) menggunakan media konkret, sedangkan kelompok kontrol (kelas II-A) tidak menggunakan media konkret. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas II-A adalah 55 dan kelas II-B adalah 49,5. Setelah perlakuan, hasil posttest meningkat menjadi 74 pada kelas II-A (baik) dan 91 pada kelas II-B (sangat baik). Uji hipotesis menghasilkan thitung (4,0341) > ttabel (2,0243), menunjukkan Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat dampak positif penggunaan media konkret dalam manajemen pembelajaran terhadap kemampuan numerasi siswa di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor. Kesimpulannya, terdapat dampak positif penggunaan media konkret dalam manajemen pembelajaran terhadap kemampuan numerasi siswa di UPT SD Negeri 060938 Medan Johor.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aisyah, N. (2024). Numerasi: Kemampuan literasi matematis dalam kehidupan sehari hari.
Arifin, Z. (2021). Statistik Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Badan Pusat Statistik. (2024). Statistik Pendidikan di Sumatera Utara. https://shorturl.asia/YpPdk
Ghozali, I. (2022). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadiyanto. (2021). Pengaruh Media Konkrit terhadap Kemampuan Numerasi Siswa.
Hanafiah, N. (2021). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hamid, A. (2020). Media Pembelajaran: Teori dan Praktik .
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Hasil Asesmen Nasional 2022. https://shorturl.asia/dojr9
Programme for International Student Assessment. (2022). PISA 2022 Results: Mathematics Scores. https://shorturl.asia/8MfkA
Putri, A. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Media Konkrit dalam Pembelajaran
Putri, W. (2021). Peran Media Konkrit dalam Pembelajaran Matematika .
Rahmawati, D. (2021). Numerasi dan Pengaplikasiannya dalam Pendidikan .
Rizal, A. (2020). Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika .
Rohman, H. (2021). Tantangan dalam Penggunaan Media Konkret di Kelas.
Sari, D. (2023). Media Konkrit dalam Peningkatan Kemampuan Numerasi.
Sari, D. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2020). Media Kantong Perkalian: Alat Bantu Interaktif untuk Pembelajaran .
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartini, A. (2020). Numerasi: Pemahaman dan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari.
Suryani, R. (2024). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika .
Winarni, D. (2021). Peran media konkret dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Yulianti, R. (2022). Penerapan media konkret dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika.
Yusuf, S. (2021). Media Pembelajaran: Alat Bantu untuk Memfasilitasi Pembelajaran Siswa.