LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA: EFEKTIVITAS BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DALAM EDUKASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Financial literacy is an essential skill that needs to be taught early on to form healthy financial habits in children. However, the level of financial literacy of children in Indonesia is still low due to curriculum limitations and the lack of interesting learning resources. This study aims to analyze the effectiveness of illustrated children's storybooks as a medium for financial education for children. Using a qualitative approach with a literature study method, this study examines various literature related to children's financial literacy, story-based learning strategies, and factors that influence children's understanding of financial concepts. The results of the study indicate that illustrated storybooks can improve children's financial understanding in an interactive and fun way, especially if accompanied by the involvement of parents and educators. The main factors that influence its success include the quality of content, illustrations, and the relevance of the story to children's lives. These findings confirm that the development of interesting and educational financial storybooks can be a strategic solution in building financial awareness from an early age, as well as supporting financial literacy policies at the elementary school level.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alfarizka, D. F., & Nirwana, E. S. (2024). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sosial dan Finansial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 265–271. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V8I2.5441
Amadi, A. S. M., Suwarta, N., Sholikha, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3). https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356
Anggraini, V., Rahmayanti, E., Thamrin, & Priyanto, A. (2023). Efektivitas Kegiatan Market Day untuk Mengembangkan Literasi Finansial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3483
Anggriani, M., Hairunisa, H., Akbar, Muh. R., Mulyadi, M., & Widayati, U. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpb.v12i2.833
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekola. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595
Aquatika, F., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2022). Pengembangan Buku Non-Teks Pelajaran Berjenjang Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i3.14109
Arianty, R. (2023). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Menumbuhkan Gerakan Literasi sebagai Kesiapan Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/DIDAKTIKA.V6I1.41475
Aryanto, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Finansial di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4). https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6943
Damanik, D., Erfiyana, N., Simanjuntak, R., Simanjuntak, M., Tarigan, H. E., Mai Evi, P. A., & Marbun, R. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(1). https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i1.617
Desriana, N., & Pratiwi, W. (2023). Tinjauan Buku Cerita Bergambar dan Aktivitas Anak sebagai Media Edukasi Anak Usia 3-5 Tahun. IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies, 2(1). https://doi.org/10.37312/imatype.v2i1.6603
Devi, I., Edi Hendri Mulyana, & Dindin Abdul Muiz Lidinillah. (2022). Penggunaan Desain Pembelajaran Market Day dalam Memfasilitasi Kemampuan Literasi Finansial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Dinata, I. M. A. K., & Harsemadi, I. G. (2022). Augmented Reality Buku Cerita Anak sebagai Media Mendongeng pada Komunitas Bali Mendongeng Berbasis Android. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1). https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1074
Fariska, P., Triono, S. P. H., Kusairi, S., & Wahyuningtyas, R. (2024). Meningkatkan Kecerdasan Literasi Keuangan Anak Usia Dini Melalui Storytelling dan Fun Games di SD Margabakti Desa Pulosari Pangalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.1073
Financial Times. (2025). Finland Fuels Children’s Future with Financial Literacy and Food. https://www.ft.com/content/26c56174-76ab-493b-9770-6d1ed4996505?
Finansial Times. (2024). Transcript: How Not to Lose a Million Dollars. https://www.ft.com/content/6fd60bd5-a9d5-4c18-8057-918fd34c68d7?
Fitria, E. (2024). Komparasi Sistem Pendidikan Finlandia dan Singapura: Studi dalam Meningkatkan Reputasi Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Genesis Indonesia, 3(01), 34–48. https://doi.org/10.56741/jgi.v3i01.501
Harahap, A. A., Nasution, F., & S, I. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membimbing Manajemen Waktu Mengerjakan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) di MAN 3 Medan. PEMA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.349
Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2). https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780
Hikmawati, C. R., Subroto, W. T., Permatasari, D., & Dayu, K. (2025). Implementasi Pendidikan Literasi Keuangan di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 145–154. https://doi.org/10.58230/27454312.1609
Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Salma, S., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini: Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5624
Ilham, M., Meirista, E., & Fredy, F. (2021). Developing Illustrated Storybook with Local Characters for Financial Literacy Learning in Elementary Schools. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/489?utm_source=chatgpt.com
Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2). https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174
Isnaniah, S., Uswatun Hasanah, D., Rahmawati, E., & Agustina, T. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Wonogiri. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(1). https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.116
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Pendidikan Literasi Finansial. Kurikulum Kemendikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Lutfiputri, N. F. (2022). Kajian Perkembangan Industri Buku Cerita Anak Bergambar di Indonesia pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3330
Magister Ekonomi Syariah UIN SUKA. (2024). Gebyar Literasi Ekonomi Hadirkan Terobosan Inovatif Mengolaborasikan Kreativitas, Rasio, dan Rasa. https://esmagister.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/10821/gebyar-literasi-ekonomi-hadirkan-terobosan-inovatif-mengolaborasikan-kreativitas-rasio-dan-rasa
Masykuroh, Q., Sulistyaningrum, R., Febi Nuraini, I., & Nur Aisyah, D. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Kreasi Celengan Hias di Sekolah Dasar. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.33369/kreativasi.v2i1.27380
Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2). https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430
Nurhablisyah, N., Winarni, R. W., & Nugraha, R. A. (2022). Analisis Naratif Buku Cerita Bergambar, Apakah Hewan Bisa Berjalan di Atas Air? GANDIWA: Jurnal Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1572
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al-Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Nurlela. (2023). Pengembangkan Kecakapan Finansial melalui Buku Literasi OJK pada Siswa TK. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/5376/pdf?utm_source=chatgpt.com
OJK. (2022). Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx?utm_source=chatgpt.com
Rokhayati, I., Isnaeni, T. N., & Nirmala, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self-Efficacy, Status Sosial Ekonomi, dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan. MIMB: Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. https://mimb.unwiku.ac.id/index.php/mimb/authorfee
Sidiq, M. F., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Model Experiental Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5482
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1543971#
UNIFAM. (2024). Tahapan Tumbuh Kembang Anak 3 - 6 Tahun dan Stimulasinya. https://unifam.com/blog/tahapan-tumbuh-kembang-anak-3-6-tahun
Wibowo, W. (2019). Pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Pengelolaan%20Gerakan%20Literasi%20Sekolah%20Untuk%20Mendukung%20Karya%20Tulis%20Siswa%20Sekolah%20Dasa&sortBy=relevance