LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA: EFEKTIVITAS BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DALAM EDUKASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Wahyu Wibowo

Abstrak

Financial literacy is an essential skill that needs to be taught early on to form healthy financial habits in children. However, the level of financial literacy of children in Indonesia is still low due to curriculum limitations and the lack of interesting learning resources. This study aims to analyze the effectiveness of illustrated children's storybooks as a medium for financial education for children. Using a qualitative approach with a literature study method, this study examines various literature related to children's financial literacy, story-based learning strategies, and factors that influence children's understanding of financial concepts. The results of the study indicate that illustrated storybooks can improve children's financial understanding in an interactive and fun way, especially if accompanied by the involvement of parents and educators. The main factors that influence its success include the quality of content, illustrations, and the relevance of the story to children's lives. These findings confirm that the development of interesting and educational financial storybooks can be a strategic solution in building financial awareness from an early age, as well as supporting financial literacy policies at the elementary school level.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wibowo, Wahyu. “LITERASI KEUANGAN UNTUK SISWA: EFEKTIVITAS BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DALAM EDUKASI FINANSIAL DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1585–1593. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2900.
Bagian
Artikel

Referensi

Alfarizka, D. F., & Nirwana, E. S. (2024). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sosial dan Finansial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 265–271. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V8I2.5441

Amadi, A. S. M., Suwarta, N., Sholikha, D. W., & Amrullah, M. (2023). Pemahaman Pendidikan Finansial Sejak Dini. Journal of Education Research, 4(3). https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.356

Anggraini, V., Rahmayanti, E., Thamrin, & Priyanto, A. (2023). Efektivitas Kegiatan Market Day untuk Mengembangkan Literasi Finansial Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 8(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3483

Anggriani, M., Hairunisa, H., Akbar, Muh. R., Mulyadi, M., & Widayati, U. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpb.v12i2.833

Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekola. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595

Aquatika, F., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2022). Pengembangan Buku Non-Teks Pelajaran Berjenjang Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i3.14109

Arianty, R. (2023). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Menumbuhkan Gerakan Literasi sebagai Kesiapan Asesmen Kompetensi Minimum di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/DIDAKTIKA.V6I1.41475

Aryanto, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Finansial di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4). https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6943

Damanik, D., Erfiyana, N., Simanjuntak, R., Simanjuntak, M., Tarigan, H. E., Mai Evi, P. A., & Marbun, R. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(1). https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i1.617

Desriana, N., & Pratiwi, W. (2023). Tinjauan Buku Cerita Bergambar dan Aktivitas Anak sebagai Media Edukasi Anak Usia 3-5 Tahun. IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies, 2(1). https://doi.org/10.37312/imatype.v2i1.6603

Devi, I., Edi Hendri Mulyana, & Dindin Abdul Muiz Lidinillah. (2022). Penggunaan Desain Pembelajaran Market Day dalam Memfasilitasi Kemampuan Literasi Finansial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Dinata, I. M. A. K., & Harsemadi, I. G. (2022). Augmented Reality Buku Cerita Anak sebagai Media Mendongeng pada Komunitas Bali Mendongeng Berbasis Android. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1). https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.1074

Fariska, P., Triono, S. P. H., Kusairi, S., & Wahyuningtyas, R. (2024). Meningkatkan Kecerdasan Literasi Keuangan Anak Usia Dini Melalui Storytelling dan Fun Games di SD Margabakti Desa Pulosari Pangalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.1073

Financial Times. (2025). Finland Fuels Children’s Future with Financial Literacy and Food. https://www.ft.com/content/26c56174-76ab-493b-9770-6d1ed4996505?

Finansial Times. (2024). Transcript: How Not to Lose a Million Dollars. https://www.ft.com/content/6fd60bd5-a9d5-4c18-8057-918fd34c68d7?

Fitria, E. (2024). Komparasi Sistem Pendidikan Finlandia dan Singapura: Studi dalam Meningkatkan Reputasi Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Genesis Indonesia, 3(01), 34–48. https://doi.org/10.56741/jgi.v3i01.501

Harahap, A. A., Nasution, F., & S, I. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Membimbing Manajemen Waktu Mengerjakan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) di MAN 3 Medan. PEMA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.56832/pema.v3i2.349

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2). https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780

Hikmawati, C. R., Subroto, W. T., Permatasari, D., & Dayu, K. (2025). Implementasi Pendidikan Literasi Keuangan di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 145–154. https://doi.org/10.58230/27454312.1609

Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Salma, S., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini: Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5624

Ilham, M., Meirista, E., & Fredy, F. (2021). Developing Illustrated Storybook with Local Characters for Financial Literacy Learning in Elementary Schools. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/489?utm_source=chatgpt.com

Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2). https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174

Isnaniah, S., Uswatun Hasanah, D., Rahmawati, E., & Agustina, T. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bagi Masyarakat Wonogiri. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(1). https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.116

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Pendidikan Literasi Finansial. Kurikulum Kemendikbud. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Lutfiputri, N. F. (2022). Kajian Perkembangan Industri Buku Cerita Anak Bergambar di Indonesia pada Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3330

Magister Ekonomi Syariah UIN SUKA. (2024). Gebyar Literasi Ekonomi Hadirkan Terobosan Inovatif Mengolaborasikan Kreativitas, Rasio, dan Rasa. https://esmagister.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/10821/gebyar-literasi-ekonomi-hadirkan-terobosan-inovatif-mengolaborasikan-kreativitas-rasio-dan-rasa

Masykuroh, Q., Sulistyaningrum, R., Febi Nuraini, I., & Nur Aisyah, D. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan Melalui Kreasi Celengan Hias di Sekolah Dasar. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 2(1). https://doi.org/10.33369/kreativasi.v2i1.27380

Nur, S. K., & Bakir, A. H. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(2). https://doi.org/10.32528/jpmm.v2i2.5430

Nurhablisyah, N., Winarni, R. W., & Nugraha, R. A. (2022). Analisis Naratif Buku Cerita Bergambar, Apakah Hewan Bisa Berjalan di Atas Air? GANDIWA: Jurnal Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1572

Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al-Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598

Nurlela. (2023). Pengembangkan Kecakapan Finansial melalui Buku Literasi OJK pada Siswa TK. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/5376/pdf?utm_source=chatgpt.com

OJK. (2022). Siaran Pers: Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx?utm_source=chatgpt.com

Rokhayati, I., Isnaeni, T. N., & Nirmala, N. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self-Efficacy, Status Sosial Ekonomi, dan Gaya Hidup terhadap Pengelolaan Keuangan. MIMB: Majalah Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. https://mimb.unwiku.ac.id/index.php/mimb/authorfee

Sidiq, M. F., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Model Experiental Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5482

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1543971#

UNIFAM. (2024). Tahapan Tumbuh Kembang Anak 3 - 6 Tahun dan Stimulasinya. https://unifam.com/blog/tahapan-tumbuh-kembang-anak-3-6-tahun

Wibowo, W. (2019). Pengelolaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan. https://www.mendeley.com/search/?page=1&query=Pengelolaan%20Gerakan%20Literasi%20Sekolah%20Untuk%20Mendukung%20Karya%20Tulis%20Siswa%20Sekolah%20Dasa&sortBy=relevance