MENINGKATKAN KUALITAS SISWA MENGGUNAKAN METODE PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH SEMESTER 1 DI Ml ISLAMIYAH RINGINANOM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata Pelajaran Fiqih materi bersuci dari ihtilam di kelas IV MI ISLAMIYAH RINGINANOM. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Ml ISLAMIYAH RINGINANOM yang berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman materi bersuci dari ihtilam, dan pengarahan materi terhadap siswa untuk natinya bisa melakukan presentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman siswa di kelas IV terhadap mata Pelajaran Fiqih materi bersuci dari ihtilam dan ada salah satu siswa yang belum bisa membaca. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode presentasi dapat meningkatkan pemahaman siswa yang diketahui dari hasil tes awal, siswa yang tuntas hanya 10 orang, kemudian diterapkan metode tanya jawab pada siklus I sehingga mengalami peningkatan pemahaman, siswa yang tuntas sebanyak 13 orang dan pada siklus Il siswa yang tuntas sebanyak 16 orang.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad Tafsir, dkk, Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam (Bandung: Mimbar Pustaka, 2004), 277
Arikunto, S, and S Suhardjono, Penelitian Tindakan Kelas: Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, 2021
Dahlani, Awaliyah,( 2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019)’, Pendas . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2).
Euis Karwati dan Doni Juni Priansa, ‘Manajetnen Kelas: Guru Profesionai Yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, Dan Berprestasi’, Bandung: Alfabeta, 2014
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar, Penerbit: Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2003
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), 702.
Wibowo, Sony Ari, - Murtono, - Santoso, and Sri Utaminingsih, (2021) ‘Efektifitas Pengembangan Buku Ajar Babasis Nilai-Nilai Karakter Multikultural Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1).