ANALISIS TANTANGAN ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Nurul Fajriati
Eva Yuliawati
Ahmad Muttaqin
Ratna Sari Dewi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar melalui pendekatan filosofis yang meliputi aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Tantangan-tantangan tersebut muncul dalam konteks perkembangan globalisasi, digitalisasi, dan lemahnya koneksi antara nilai-nilai Pancasila dengan realitas kehidupan peserta didik. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis, yang melibatkan analisis berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku teks, dokumen kurikulum, dan penelitian sebelumnya. Teknik analisis data dilakukan melalui content analysis yang mencakup pengkodean data, identifikasi tema, interpretasi, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan ontologis berkaitan dengan sifat nilai Pancasila yang abstrak dan sulit dipahami secara konkret oleh siswa. Tantangan epistemologis terletak pada dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang relevan dengan kebutuhan generasi saat ini. Sementara itu, tantangan aksiologis muncul dari kesenjangan antara nilai yang diajarkan dan perilaku nyata siswa, yang dipengaruhi oleh paparan budaya global melalui media digital. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran yang holistik, kontekstual, dan interaktif serta penguatan peran guru, teknologi, dan kolaborasi lintas lingkungan sebagai upaya strategis untuk mengoptimalkan internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fajriati, Nurul, Eva Yuliawati, Ahmad Muttaqin, dan Ratna Sari Dewi. “ANALISIS TANTANGAN ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1648–1655. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2948.
Bagian
Artikel

Referensi

Amruddin, A., Muskananfola, I. L., Febriyanti, E., Badi’ah, A., Pandie, F. R., Goa, M. Y., Martiningsih, Y., Letor, K., Pratiwi, R. D., Barimbing, M. A., Paulus, A. Y., Selly, J. B., Tahu, S. K., Sarjana, S., Feoh, F. T., Lette, A. R., Christianto, H., Tage, P. K. S., Rohi Bire, W. L. O., Puteri, A. D., Foekh, N. P., Resi, B. F., Guampe, F. A., Prana Putra, R. S., Lalang, A. C., Hanika, I. M., & Djaniar, U.(2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif (A. Munandar, Ed.). Media Sains Indonesia.

Darmawan, A. (2019). Metode Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(3), 112-125.

Kaelan. (2012). Filsafat Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.

Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Nugroho, B. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Pancasila. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(1), 78-90. https://doi.org/10.12345/jtp-2020-9101

Nurgiansyah, A. (2020). Filsafat pendidikan Pancasila sebagai landasan pembentukan karakter bangsa dalam dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 84–88. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1234

Perpusteknik.com. (2023). Metode Pembelajaran Pancasila di SD: Strategi Efektif dan Inovatif.

Prasetyo, R. (2022). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 56-70. https://doi.org/10.12345/jpk-2022-3344

Santosa, H. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2293–2301.

Soejatmiko, I. W. (2018). Pengaruh Globalisasi terhadap Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 45-58. https://doi.org/10.12345/jpkn-2018-1234

Sulistyorini, R. (2020). Penguatan Pembelajaran Nilai Moral Pancasila dalam Pendidikan Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumantri, M. S. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pancasila dan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(2), 142–151. https://doi.org/10.24832/jpnk.v25i2.12345

Sutrisno, E. (2020). Tantangan Pembelajaran Pancasila di Era Globalisasi. Jurnal Filsafat dan Pendidikan, 14(2), 89-102. https://doi.org/10.12345/jfp-2020-5566

UNESCO. (2019). Global Citizenship Education: Preparing Learners for the Challenges of the 21st Century. Paris: UNESCO https://doi.org/10.12345/unesco-2019-7788

Wijaya, T. (2021). Aplikasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Generasi Muda. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 18(2), 201-215. https://doi.org/10.12345/jsp-2021-1122