PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELAYU TERHADAP HASIL BELAJAR BILANGAN CACAH SISWA FASE A DI SDN 110 PEKANBARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika Melayu terhadap hasil belajar bilangan cacah siswa fase A di SDN 110 Pekanbaru. Jenis dari penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatakan kuantitatif serta menggunakan metode quasi-experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 110 Pekanbaru. Kelas II A berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas II B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Peneliti melakukan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika Melayu untuk kelas eksperimen sedangkan pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Hasil belajar bilangan cacah siswa diukur dengan menggunakan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diuji dengan Mann-Whitney memperoleh signifikansi 0,000 < 0.05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan pada perhitungan mean nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 87.19 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 72.95. Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika Melayu terhadap hasil belajar bilangan cacah siswa fase A di SDN 110 Pekanbaru.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akila, C. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Kue Cucur Ringgit Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV di SD Negeri 45 Seluma. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3155
Andriono, R. (2021). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6370
Apriyono, F. (2021). Etnomatematika Wilayah Tapal Kuda. In Sleman: Komojoyo Press (Anggota IKAPI) (I). KOMOJOYO PRESS.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 11–12.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 44-48.
Fajriyah, L., & Maharbid, D. A. (2023). Pengaruh Etnomatematika Congklak Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pembagian Siswa Kelas II SDN Teluk Pucung III. Metodik Didaktik, 19(1), 11–20. https://doi.org/10.17509/md.v19i1.59900
Gusrianti, R., Nugraha, U., & Widowati, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPA dengan Menggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV MI Salamah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 19(5), 1–23. https://repository.unja.ac.id/45679/5/BAB II.pdf
Hafiz, & Tafsiruddin. (2022). Masyarakat Melayu Riau Berbudaya. Dakwatul Islam, 6(2), 89–96. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v6i2.505
Julaika, N. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Permainan Kelereng Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–155. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16638
Krisdiana, M., Pujiastuti, H., & Rosmilawati, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 228–235. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1286
Mulyasari, D. W., Abdussakir, & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 42–48. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i1.857
Ningrum, Y. D., & Wiryanto, W. (2022). Implementasi Etnomatematika Melalui Makanan Tradisional “Kue Wajik” Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(2), 121–124. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p121-124
Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan Tradisional Bugis Sebagai Sumber Belajar Matematika. MaPan, 7(2), 307–327. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a10
Prayogi, A. (2016). Dinamika Identitas Budaya Melayu Dalam Tinjauan Arkeo-Antropologis. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 16(1), 1–20. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/829
Putra, Z. H., Ramiati, Zufriady, Hidayat, R., Jismulatif, Hermita, N., & Sulistiyo, U. (2022). Development of computational thinking tasks based on Riau Malay culture: a study of fifth-grade public school students in Pekanbaru, Indonesia. Education 3-13. https://doi.org/10.1080/03004279.2022.2150063
Putra, Z. H., Witri, G., & Syahrilfuddin, S. (2020). Matematika Dan Budaya Melayu Dalam Buku Bergambar Matematika Berjudul “Gelang Comel Buatan Kite.” Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(1), 48–54. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i1.1120
Putri, J. K., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Hasil Belajar Siswa : Tinjauan Literatur Sistematis. Social, Humanities, and Educational Studies, 4(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91734
Ramadhani, A., St.Nurul Mutmainna, Mirnawati, & Irmayanti. (2023). Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 53–68. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.16
Ramadhani, Y. G., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII Materi SPLDV dengan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 500–506. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Salma, A. (2023). Pengaruh Jajanan Tradisional Sebagai Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD. In Primary Education. http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1050
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.