IMPLEMENTASI AMALAN TAREKAT NAQSABANDIYAH DALAM MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa serta untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi “Pemimpin di Sekitarku” melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas VI SD Negeri 173243 Aek Botik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 173243 Aek Botik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi “Pemimpin di Sekitarku” di kelas VI SD Negeri 173243 Aek Botik. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 60% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 87% siswa yang tuntas.Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aboebakar Atjeh. Pengantar Ilmu Tarekat (Uraian Tentang Mistik),Djakarta, FA.H.M. TAWI DAN SON BAG, Cet-2, 1996,hlm, 307
Awaludin, Sejarah dan Perkembangan Tarekat di Nusantara, El-Afkar Vol. 5 Nomor II, Juli- Desember 2016. Hal. 127.
Fuad Said, Hakikat Tarikat Naqsabandiyah, Jakarta,Pustaka Al Husna Baru, Cet ke-5,2005, hlm, 47-48. 39
Hamzah, Nasrul. Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah Dalam Membangun Pendidikan Akhlak Mulia, al-thariqah.2020.vol5(2).5539. hal. 118
Martin Van Bruinssen, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, Yogyakarta, Gading Publising, Cet-1, 2012,hlm, 7
Miftakhul Huda. Perkembangan Tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah Di Desa Sokaraja Lor Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas (1864–2021). UIN Saefuddin Zuhri. Perwokerto 2022
Nur Rahmah, Naskah Ilmu Segala Rahasia yang Ajaib Kontemplasi Tarekat Naqsyabandiyah dan Pembangunan Karakter, Jurnal Lektur Keagamaan, Vol. 10, No. 1, 2012, hal. 78
Samsul Munir Amin, Ilmu Tasawuf,( Jakarta; Amzah, 2012), 294
Wislah, Tarekat Naqsabandiyah: Tokoh, Ajaran dan Amalan yang diakses melalui Tarekat Naqsabandiyah : Tokoh, Ajaran dan Amalan - Wislah.com - Pusat Referensi Pilihan pada 04-01-2024 pukul 14.45
Yulia Purnama, Pemikiran Etika Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Untuk Metode Penyucian Jiwa, Vol. 5, No. 2 (November 2022), hlm. 237