PENGARUH PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING BERBASIS PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SITI AMELIA MEDAN

Isi Artikel Utama

Ira Susanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Quantum Learning berbasis permainan tradisional Gobak Sodor terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V di SD Siti Amelia Medan. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS yang ditunjukkan oleh data awal, di mana hanya 37% siswa mencapai nilai di atas KKM. Penelitian ini mengacu pada pendekatan Quantum Learning yang dikembangkan oleh Bobbi DePorter, yang menekankan pada proses pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan melibatkan seluruh aspek kecerdasan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan Quantum Learning berbasis permainan Gobak Sodor, dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan penugasan. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest serta dianalisis menggunakan uji t-test independent sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode Quantum Learning berbasis permainan terhadap hasil belajar IPAS siswa. Siswa yang belajar dengan metode ini mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi yaitu 96,7% dibandingkan siswa pada kelas kontrol yaitu 76,6%. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari ttabel (3,124>2,002) dengan nilai Sig (2-tailed) kurang dari 0,05 (0,003<0,05). Menurut hasil uji hipotesis, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima, sehingga penerapan metode Quantum Learning berbasis permainan gobak sodor terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susanti, Ira. “PENGARUH PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING BERBASIS PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD SITI AMELIA MEDAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2289–2303. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2988.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2018). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Deporter, B. (2010). Quantum teaching (Mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas). Bandung: Kaifa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (n.d.). Gobak.

Loren, C. S., & Claudia, P. S. (2021). Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Audio, Visual, Intelectual) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Mutia Sari, & Fatimah. (2017). Pendidikan bagi anak tuna grahita (Studi kasus tunagrahita sedang di SLB N Purwakarta). Jurnal Penelitian dan PKM, 4(2), 218.

Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zahran, M. (2019). Quantum learning: Spesifikasi, prinsip, dan faktor yang mempengaruhinya. JRTIE, 2(2).