IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TRI PUSAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V DI SDN SAYUNG 01
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh “dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyebabkan penurunan karakter generasi muda”. Tujuan penelitian yaitu untuk memahami konsep “Tri Pusat Pendidikan oleh Ki Hadjar Dewantara” yang diimplementasikan pada siswa kelas V di SDN Sayung 01. Implementasi Tri Pusat Pendidikan penting karena menciptakan sinergi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk membentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa secara keseluruhan. Metode “penelitian yaitu observasi dan wawancara”. “Hasil penelitian menunjukkan” bahwa lingkungan keluarga oleh orang tua yaitu mendukung kegiatan belajar siswa dengan mengingatkan tugas, memberikan fasilitas belajar di rumah, dan memberikan perhatian terhadap siswa. Lingkungan sekolah yaitu guru menciptakan suasana belajar yang hangat dan penuh kasih sayang, membuat jadwal piket kelas, kegiatan literasi pagi, dan menerapkan nilai Pancasila. Lingkungan masyarakat yaitu siswa mengikuti kegiatan seperti kerja bakti bersama masyarakat sekitar. Berdasarkan uraian tersebut menunjukkan bahwa peran keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat baik dalam membentuk karakter siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Annisa, Williah, & Rahmawati. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. STITPN.
Cahyono, B.D. (2025). Sosiologi Pendidikan Islam: Sebuah Pengantar. Bantul: Jejak Pustaka.
Depdiknas. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Guntur, S. (2002). Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.
Hamid, A.A. (2022). Dear Beloved Son. Amerika: Claritas Books.
Hasan, M. (2023). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Husamah., Restian, A., & Widodo, R. (2021). Pengantar Pendidikan. Malang: UMM Press.
Kusumastuti, et.al. (2025). Metodologi Penelitian. Jambi: Sonpedia Publishing.
Malawi, I. (2024). Evaluasi Pendidikan. Magetan: CV Ae Media Grafika.
Mansur, A. (2022). Implementasi Klarifikasi Nilai dalam Pembelajaran dan Fungsionalisasi Etika Islam. Jurnal Ilmiah Keislaman. Vol 5. No1
Mujib, A., Muhaimin. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofi dan Kerangka Dasar Operasional. Bandung: Trigenda Karya.
Muliati, B. (2023). Mengembalikan Kebermaknaan Tri Pusat Pendidikan pada Lembaga Pendidikan. AL-HIKMAH: Journal Of Education And Islamic Studies, 4(2), 101–110.
Nurdin, N. (2023). Implementasi dan Kebijakan Publik Terapan. Sumedang: Mega Press Nusantara.
Rahman. (2022). Tri Pusat Pendidikan Perspektif Tasawuf. Jakarta: CV Kaaffah Learning Center.
Retorika, A. (2024). Menggerakan Organisasi Sekolah. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Setiardi., D. (2021). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi. Vol. 14. No. 2.
Sumardi. (2024). Keterampilan Dasar Mengajar dengan Paradigma Baru. Sleman: Deepublish.
Suparman., Junaidin. (2023). Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Volume 7 Nomor 6. Halaman 3950 – 395.
Taufik, A. (2022). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. (2022). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Tim Tunas Karya Guru. (2024). PASTI BISA: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Bandung: Duta.
Wahyumiani, N. (2023). Pengantar Kependidikan. Sleman: CV Bintang Semesta Media.
Wijayanti, I. 2024. Kemerosotan Nilai Moral Yang Terjadi pada Generasi Muda di Era Modern. Jurnal Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.