ANALISIS EFEKTIVITAS PENGADAPTASIAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAB 21 BERBASIS 4 C SKILL DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS 5 SDN 7 TOLITOLI

Isi Artikel Utama

Aisyah Galuh Muharam
Mustakim Mustakim
Muh. Khaerul Ummah BK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengadaptasian keterampilan pembelajaran abad 21 berbasis 4C Skills (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) dalam implementasi Kurikulum Merdeka oleh guru kelas V SDN 7 Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas V telah menerapkan keterampilan 4C dengan cukup baik dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung meliputi pemahaman guru terhadap konsep 4C, motivasi belajar siswa yang tinggi, serta lingkungan belajar yang kondusif dengan dukungan kurikulum dan fasilitas yang sesuai. Namun, masih terdapat hambatan seperti kurangnya pemahaman sebagian guru tentang strategi penerapan 4C, keterbatasan fasilitas pembelajaran, serta perbedaan kemampuan akademik siswa yang menghambat pembelajaran kolaboratif dan pengembangan keterampilan lainnya. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan pengadaptasian keterampilan 4C sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru, dukungan lingkungan belajar, serta partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muharam, Aisyah Galuh, Mustakim Mustakim, dan Muh. Khaerul Ummah BK. “ANALISIS EFEKTIVITAS PENGADAPTASIAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAB 21 BERBASIS 4 C SKILL DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS 5 SDN 7 TOLITOLI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2510–2521. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3013.
Bagian
Artikel

Referensi

A.Agoestanto, Sukestiyarno, Y. L., Rochmad, & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan menganalisis argumen dalam berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu. Prisma, 2, 337–342. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28948

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. 1(3), 291–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Anton, & Trisoni, R. (2022). Konstribusi keterampilan 4c terhadap projek penguatan propil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 528–535. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1895

Badril, & Azisi. (2024). Menciptakan lingkungan pembelajaran kreatif. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 163–180. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/download/1792/861/6141

Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan komunikasi (communication) siswa kelas V sekolah dasar negeri Teratai. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 119–127. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.589

Cornelia, D., Kusuma, P. M., & Daya, D. P. K. (2022). Peran pendidikan nilai pancasila untuk membangun karakter santun siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 40–44. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v2i1.25

Dianisa, L., Maryono, & Budiono, H. (2024). Strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi (collaboration) siswa kelas VI di sekolah dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 578–587. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1459

Hapsari, D. D., Ramadhani, G. Y., & Ikramullah, N. I. (2024). Literature review : pengaruh Artificial intelligence (AI) peserta didik. Jurnal Empati, 13(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/46697

Haryanti, J. P., Hilyana, F. S., & Kuryanto, M. S. (2024). Analisis kemampuan kolaborasi siswa kelas IV SD Negeri Banyudono dalam proyek profil pancasila festival permainan tradisional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4725

Jaya, S. K., & Wati, T. L. (2024). Outing class sebagai strategi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 362–368. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1154

Khunafah, Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh kemandirian belajar, lingkungan belajar, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa SDN di desa Bangeran kecamatan Dukun kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 112–125. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/46697

Kusuma, E. S. J., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). Pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar: sebuah tinjauan literatur. Wawasan Pendidikan, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.17971

Magdalena, I., Pasyah, F. A., & Hasanah, N. (2020). Implikasi Perbedaan Individu Peserta Didik Sekolah Dasar. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 283–297. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis Keterampilan belajar dan berinovasi 4C terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel sikap ilmiah pada peserta didik kelas V SD gugus 15 kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary, 3(1), 1–5. https://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/1412

Nasihudin, & Hariyadin. (2021). Pengembangan Keterampilan dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 733–743. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.150

Nopiani, S., Purnamasari, L., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C dalam implementasi kurikulum merdeka di Kelas Iv sekolah dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202–5210. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan komunikasi siswa kelas V SDN 32 Cakranegara kecamatan Sandubaya kota Mataram tahun ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832

Priswanti, D. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal l Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Resqueta, M. C., Kartikasari, N. O., Fahimuddin, A., Ekawati, R., & Mardiani, A. (2024). Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3784–3794. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13980

Sapurta, E. E. (2024). Pengembangan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. The 21st Century Skills Guru Pada Jenjang Pendidikan Dasar, 2(4), 47–50. https://doi.org/10.70115/semesta.v2i3.175

Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar untuk mempersiapkan pembelajaran abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348–1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392

Sukmanasa, E., Anwar, W. S., & Novita, L. (2023). Penerapan keterampilan abad 21 di Kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.69704

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis kemampuan awal 21st century skills mahasiswa calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142–158. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068

Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Yuliyanti, Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia dan perbedaan dengan kurikulum di beberapa negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 95–106. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271